Aset Milik Pemkab Aceh Timur Ditelantarkan

foto: Analisa

foto: Analisa
foto: Analisa

Aceh Portal, Langsa - Sejumlah aset bangunan perkantoran milik Pemkab Aceh Timur yang berada di Kota Langsa ditelantarkan. Aset yang ditelantarkan itu antara lain bangunan kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Jalan Medan-Banda Aceh kawasan Gampong (desa) Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat.

Pantauan Analisa di lapangan, Minggu (3/4) terlihat kondisi kantor DKP tersebut sudah kumuh. Bahkan, bagian depannya sudah hancur karena tidak diurus sama sekali dan halaman kantor pun dipenuhi rumput liar.

Pemandangan yang sama juga terlihat di gedung SKB. Sebagian besar ruangan mulai rusak dimakan waktu. Catnya pun sudah kumuh dan atap bocor. Aset Pemkab Aceh Timur itu terkesan seperti bangunan tua dan terlihat angker di malam hari.

Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Langsa, Khairulrizal Latif yang dimintai tanggapannya kepada Analisa mengatakan, seharusnya Pemkab Aceh Timur lebih profesional dalam mengambil kebijakan, terutama terkait pengalihan asetnya yang berada di Kota Langsa.

“Kita sangat menyayangkan sikap Pemkab Aceh Timur, yang menelantarkan sejumlah asetnya di Kota Langsa. Ini jelas sangat merugikan negara karena kantor itu dibangun menggunakan uang rakyat,”ujarnya.

Disebutkan, sejak pusat pemerintahan Aceh Timur pindah ke Idi, sejumlah aset yang belum diserahkan ke Pemko Langsa kini telantar dan rusak seperti bangunan tua.

Dikhawatirkan bangunan-bangunan kantor yang ditelantarkan itu nantinya dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab menjadi lapak perbuatan mesum maupun judi, karena di malam hari tidak ada yang menjaga.

Untuk itu, diharapkan Pemkab Aceh Timur lebih profesional dalam mengambil keputusan terkait aset ini, sehingga semua bangunan bekas kantor instansi itu tidak mubajir.

Sumber: Analisa

Komentar

Loading...