16 Unit Bus Transkutaraja Tiba di Banda Aceh

bus transkutaraja @acehportal.com

bus transkutaraja @acehportal.com
bus transkutaraja @acehportal.com

Aceh Portal, Banda Aceh – Sebanyak 16 unit bus transkutaraja tiba di kota Banda Aceh dari 25 unit bus yang diberikan oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (RI).

“Baru 16 unit bus transkutaraja tiba di Banda Aceh, selebihnya masih berada dalam perjalanan ke Aceh,”ujar Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Telematika Aceh Raidin Pinim, kepada wartawan, Senin (4/4) di Banda Aceh.

Ia menjelaskan, sebenarnya total Bus Transkutaraja untuk Aceh ada 25 unit, namun yang baru datang 16 unit, dan 9 unit lagi akan tiba dalam seminggu.

Raidin menyatakan, sebelum dioperasikan bus transkutaraja ini nantinya akan dilaunching dulu oleh Bapak Gubernur Aceh Zaini Abdullah dalam Minggu ini.

Setelah di Launching, katanya, nantinya 16 unit bus ini akan melayani penumpang di koridor I yakni dari kota menuju Darussalam, sedangkan koridor dua sedang dalam pembangunan.

Koridor dua, tambahnya, akan melayani rute Bandara Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar menuju Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, pulang pergi.

"Fasilitas dan jalur koridor satu sudah selesai dibangun. Di antaranya halte atau titik pemberhentian. Ada 17 halte di koridor satu dan 25 halte di koridor dua,"sebutnya.

Dia menyebutkan, turun naik penumpang harus di halte karena posisi bus lebih tinggi. Jadi, bus tidak bisa sembangangan menurun naikkan penumpang.

"Penumpang juga tidak perlu menunggu lama-lama di halte. Transkutaraja diprogramkan bergerak terus. Untuk koridor satu ada 11 bus yang akan melayani transportasi masyarakat," kata Raidin.

“Rute perjalanan nantinya akan dibagi dua, yakni sebanyak 6 unit bus akan berangkat dari kota dan sebanyak 5 unit berangkat dari Darussalam, sehingga penumpang tidak perlu menunggu terlalu lama untuk naik bus tersebut,”jelasnya.

Menyangkut tarif, Raidin menyebutkan, akan ditetapkan serendah mungkin karena tarif bus bukan untuk komersial. Dinas Perhubungan akan menyupayakan tarif bus disubsidi.

"Operasional Transkutaraja ini untuk mengatasi kemacetan di Kota Banda Aceh. Kami berharap nantinya pelajar, mahasiswa, maupun pegawai pemerintahan dan swasta tidak menggunakan kendaraan pribadi ke sekolah, kampus, maupun tempat kerja,"demikian kata Raidin.(adi)

Komentar

Loading...