Menuju IAIN, STAIN Tingkatkan Kualitas

Ketua STAIN Meulaboh @acehportal.com

Ketua STAIN Meulaboh @acehportal.com
Ketua STAIN Meulaboh @acehportal.com

Aceh Portal, Meulaboh - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Meulaboh terus melakukan berbagai upaya dalam rangka peningkatan status menjadi Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) pada awal tahun 2018 mendatang.

“STAIN akan terus meningkatkan kualitas, terutama kualitas dosen yang bergelar S2 dan penambahan prodi, “ujar Ketua STAIN Syamsuar Basyariah, pada konfrensi Pers di Kupi Atjeh, Meulaboh, Minggu (3/4).

Ia menyatakan, STAIN Meulaboh sekarang baru memiliki 9 prodi, dan ada 40 dosen S2 yang mengajar 2 ribu mahasiswa. “Nah untuk menjadi IAIN harus memiliki 11 prodi,”ungkapnya.

“Sembilan prodi itu diantaranya, PAI 4 prodi, Perbankan Syariah 4 prodi, KPI 1 prodi, sekarang dalam proses penambahan Prodi, yakni Prodi Hukum Islam, Prodi Filsafat Islam Prodi Bahasa Inggris dan Prodi peradaban Islam,”katanya.

Syamsuar menyatakan, STAIN sudah banyak mengukir prestasia selama 3 tahun penegerian sehingga ada mahasiswa STAIN yang kuliah S3 ke UNIZA Malaysia sebanyak 10 orang. STAIN juga pada tahun 2017 akan membuka pasca sarjana dua Prodi yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (PA) dan Prodi Hukum Islam, berbarengan dengan pembagunan gedung baru di atas lahan seluas 50 haktar pada tahun 2017 di Alue Penyareng Meulaboh.

Sementara itu, Humas STAIN Muksinuddin menyatakan, mahasiswa baru akan lebih mudah masuk ke Perguruang Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) tampa tes. “Jika lulus akan mendapatkan beasiswa bidik misi jatah 30 orang, beasiswa hafiq 6 orang dan beasiswa prestasi 70 orang  untuk mahasiswa aktif,”katanya.

Menurut dia, 4 faktor yang harus dimiliki STAIN menuju IAIN, yaitu, memiliki lahan minimal 50 haktar. Memiliki mahasiswa 3000 orang, Kualitas dosen S2 minimal 40 orang  dan menpuyai letak geografis yang sangat strategis di Wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela) dimana di kawasan ini belum ada Perguruan Tingi Agama yang berstatus IAIN.(wan)

Komentar

Loading...