IDI Gayo Lues Gelar Operasi Katarak untuk Warga Miskin

Bupati Gayo Lues H.Ibnu Hasim @acehportal.com

Bupati Gayo Lues H.Ibnu Hasim @acehportal.com
Bupati Gayo Lues H.Ibnu Hasim @acehportal.com

Aceh Portal, Blangkejeren - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar operasi katarak gratis berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah Sangir, di Gayo Lues.

“Ada 12 kecamatan melakukan penjaringan dengan jumlah yang terdapat 200 orang pasien yang telah melakukan sklining yang dimulai sejak Februari 2016 mulai dari Puskesmas, Poskesdes, Pustu,”ujar Ketua Panitia IDI dr. Habirul Qadri, Sabtu (2/4).

Ia menyatakan, bhakti sosial operasi katarak dengan biaya gratis untuk masyarakat kurang mampu dilaksanakan IDI bekerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Permadani) dan Pemerintah Daerah.

Dikatakannya, operasi katarak yang dilaksanakan selama 2 hari ini melibatkan tiga dokter spesialis dari Banda Aceh yakni dr.Firdalena Mutia, Sp M, dr.Syaiful Basri, SP M dan dr.Mutia Zaini, Sp M. “Kita harapkan dengan adanya operasi ketarak ini masyarakat yang telah mendaftarkan diri bisa terbantu dengan adanya program ini,"jelasnya.

“Kedepan jangan ada lagi masyarakat kita mengalami katarak Dinas kesehatan harus proaktif turun kepada masyarakat memberikan arahan sosialisasi mencegah penyakit katarak dengan cara memberikan vitamin yang cukup, makanan yang bergizi dan makan yang teratur,"ujar Bupati Gayo Lues H.Ibnu Hasim, kemarin.

Ia menghimbau kepada Camat dan Geuchik harus mendata masyarakatnya yang benar-benar memiliki data akurat hendaknya dapat memilah yang mana data katarak, data kusta dan data miskin jangan sempat salah data.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia dr, Basumi menyatakan, tim ahli operasi katarak akan dihadirkan, operasi katarak pertama kali dilakukan pada tahun 2012 yang lalu jumlah pasien 68 orang yang kedua baru tahun ini.

“Jumlah pasien 200 orang dari 12 kecamatan di Gayo Lues, dan bagi pasien yang tidak bisa dioperasi akan diberikan rujukan baik ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh maupun ke Rumah Sakit Adam Malik Sumatra Utara Medan dengan tujuan yang tidak bisa melihat agar dapat melihat,"katanya.(Apah)Teks Photo: Bupati Gayo Lues H.Ibnu Hasim memberikan cindera mata kepada tiga dokter spesialis katarak dari Banda Aceh dr.Firdalena Mutia, Sp M, dr.Syaiful Basri, SP M dan dr.Mutia Zaini, SP M. Photo direkam oleh APAH

Komentar

Loading...