Penting Dilakukan Audit Kinerja Dalam Kasus RSIA

Alfian Mata@acehterkini

Alfian Mata@acehterkini
Alfian Mata@acehterkini

Aceh Portal - Banda Aceh

Kasus di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh yang telah merenggut nyawa seorang ibu dan bayi dalam kandungan, dengan dugaan awal membiarkan pasien tanpa penanganan cepat, dinilai penting sekali dilakukan audit kinerja.

“Supaya publik mengetahui masalahnya dimana, dan siapa yang seharusnya bertangungjawab dalam pelayanan tersebut, sehingga pasien tidak diterlantarkan begitu saja,” kata Koordinator Badan Peker MaTA, Alfian kepada wartawan, di Banda Aceh, Jumat (1/4).

Menurut Alfian, Gubernur Aceh harus serius menyikapi kasus ini, sehingga tidak terulang kembali. Audit kinerja bisa Gubernur lakukan dengan meminta secara langsung kepada BPK RI Perwakilan Aceh atau Inspektorat Aceh.

“Selama dilakukan audit, publik dapat mengawasinya. Sehingga hasil audit yang dihasilkan nanti dapat terjawab atas harapan masyarakat,” ungkapnya.

Apalagi tambahnya, kasus ini sudah menjadi perhatian publik Aceh. Jadi Gubernur harus berani melakukan langkah yang serius. Jangan sampai kasus ini berakhir tanpa ketidakjelasan.

Katanya, ini menjadi tantangan bagi Gubernur untuk membenah, dan mengambil tindakan tegas terhadap siapa saja yang dinilai tidak bertangung jawab.

Selanjutnya hasil audit kinerja itu wajib diumumkan ke publik dan pemerintah wajib menindaklanjuti hasilnya tersebut sehingga publik mengetahuinya. Dimana kesalahan sebernarnya, kalau hanya melakukan pencopotan Direktu RSIA tidak cukup.

“Tapi dengan peristiwa ini, Gubernur juga perlu memastikan ke depan tidak terulang lagi,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada negosiasi dalam membenah pelayanan publik, harus terukur dan standar melayani. Menyangkut polisi sedang melakukan penyelidikan dalam kasus dimaksud, MaTA meminta pihak kepolisian harus transparan, jangan ada yang ditutupi.

“Harus diusut siapa pun terlibat, karena ini soal hukum, rasa keadilan keluarga korban dan masyarakat. Jadi publik menunggu langkah dan hasil kerja polisi dalam mengungkapkan kasus tersebut secara adil,” tegasnya.

Dalam hal itu, katanya, salah satu yang penting dipastikan oleh penyidik polisi dalam pengungkapan kasus tersebut, adalah apakah dr Ulfa (dokter piket) pada saat kejadian tersebut, benar-benar berhalangan hadir karena sakit menderita diare? Polisi penting memastikan pengakuan tersebut. (Rel)

Rubrik:News

Komentar

Loading...