Lapor SPT Diperpanjang Hingga Akhir April

sumber foto: beritagar

sumber foto: beritagar
sumber foto: beritagar

Aceh Portal, Banda Aceh - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Aceh, memperpanjang kembali bagi yang belum melapor Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan hingga akhir April 2016, yang seharusnya berakhir 31 Maret.

“Kami memperpanjang lapor SPT hingga akhir April 2016, akibat terjadi gangguan teknis pada website DJP,”ujar Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan DJP Aceh, Novita Belia, saat memberikan sosialisasi cara melaporkan SPT tahunan secara elektronik (online), kepada puluhan wartawan di Banda Aceh, Kamis (31/3)

Ia meminta bagi masyarakat yang sudah wajib pajak agar segera melaporkan SPT tahunan. Apalagi mereka yang sudah memiliki penghasilan diatas Rp3 juta. "Pajak ini merupakan sumber pendapatan negara, tapi nantinya dikembalikan pada rakyat melalui pembangunan, baik infrastruktur serta bentuk lainnya,"ungkapnya.

Dikatakannya, sosialisasi tersebut dilakukan, supaya mempermudah saat melaporkan SPT tahunan, tanpa harus mendatangi kantor pajak lagi. Karena dengan layanan yang disebut e-filling tersebut, cara penyampaiannya SPT tahunan PPh secara elektronik dilakukan realtime melalui internet. "Namun kita terlebih dahulu harus mendapatkan EFIN (nomor identitas yang diterbitkan DJP)," sebutnya.

Untuk memperoleh EFIN, jelasnya, terlebih dahulu harus ada nomor wajib pajak (NPWP), kemudian mendaftar ke kantor DJP terdekat.

Namun, katanya, SPT tahunan hanya berlaku bagi perorangan, karena untuk pengusaha maupun usaha itu masih melapor secara manual. Untuk itu, kedepan akan dikembangkan secara online.(adi)

Komentar

Loading...