Cara Unik Sekolompok Nenek Lawan Narkoba

Foto: getty images

Foto: getty images
Foto: getty images

Aceh Portal - Jakarta

Kalau girlband biasanya diisi oleh wanita-wanita muda cantik, lain ceritanya untuk satu kelompok di daerah Guangzhou, China. Beranggotakan wanita-wanita lanjut usia (lansia), para nenek yang dikenal sebagai damas ini dengan percaya diri tampil berdansa di ruang publik membawa sebuah misi.

Lebih dari 100 damas di kota Jianggao sejak Januari lalu telah direkrut untuk aktif berkampanye dalam rangka melawan narkoba. Mereka setiap harinya sibuk berdansa menarik perhatian pejalan kaki sambil membagikan brosur berisikan informasi edukatif tentang bahaya narkoba.

Tang Rongzhen dari kantor narkotik lokal mengatakan alasan mengapa wanita lansia yang dipilih untuk berperan aktif adalah karena posisi mereka di masyarakat yang tinggi. Diharapkan para lansia ini bisa memonitor penggunaan narkoba di sekitarnya.

"Kebanyakan wanita sangat menolak kuat penyalahgunaan narkoba. Karena itu kita merekrut mereka untuk menyebarkan pesan antinarkoba," kata Rongzhen seperti dikutip dari BBC pada Jumat (1/4/2016).

Strategi memanfaatkan partisipasi lansia ini sebelumnya juga sudah dicoba di daerah kota Yantai dan dinilai cukup berhasil. Karena lebih familiar dengan daerah lokalnya dibandingkan tim polisi, para nenek bisa dengan mudah melihat adanya kejanggalan yang terjadi.

"Mereka bisa dengan cepat mengidentifikasi bila ada pendatang baru yang tak biasa di lingkungan mereka dan memberitahu polisi," ujar seorang petugas Yuan Zhu.

Sumber: Detik.com

Komentar

Loading...