Hari Ini Terakhir Pendaftaran SNMPTN

Foto: DeTAK Unsyiah

Foto: DeTAK Unsyiah
Foto: DeTAK Unsyiah

Aceh Portal - Banda Aceh

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 akan berakhir pada hari ini, Senin (14/3) pukul 22.00 WIB.  Sebelumnya direncanakan pendaftaran SNMPTN berakhir pada Sabtu 12 Maret 2016. Namun, berdasarkan beberapa pertimbangan, penutupan pendaftaran diperpanjang dua hari dari jadwal sebelumnya.

Kepala Humas Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Dr. Il­ham Maulana menyebutkan, perpan­ja­ngan ini hanya berlaku untuk mereka yang telah pernah login ke laman pen­daftaran SNMPTN (https://web.­snm­ptn.ac.id/), sehingga mereka masih di­perbolehkan untuk menyelesaikan pen­daftaran.

Jumlah pendaftar SNMPTN semen­tara hingga Minggu (13/3) di Unsyiah baru sebanyak 17.261 orang. Jumlah ini tu­run drastis dibandingkan tahun lalu yang mencapai 22.871 orang. Seba­nyak 10.882 orang pendaftar me­nem­pat­kan Unsyiah sebagai pilihan per­tama mereka, sementara 6.379 orang men­jadikan Unsyiah sebagai prioritas kedua.

Jumlah pendaftar terbanyak berasal dari SMA Peminatan Matematika dan IPA, yaitu sebanyak 9.478 orang, se­men­tara pendaftar paling sedikit be­rasal dari SMK Multimedia 118 orang. Di antara para pendaftar tersebut, ter­da­pat 5.884 pelamar beasiswa Bidik­misi.

Dikatakannya, proses seleksi SNM­PTN tahun 2016 dilakukan pada 24 Maret-8 Mei 2016, sementara pengu­mu­man kelulusan 10 Mei 2016. Seperti ta­hun-tahun sebelumnya, mereka yang di­nyatakan lulus SNMPTN masih ha­rus mengikuti proses verifikasi di per­guruan tinggi tujuan pada 31 Mei 2016.  “Tanggal tersebut bertepatan dengan jad­wal pelaksanaan ujian tulis Seleksi Ber­sama Masuk Perguruan Tinggi Ne­geri (SBMPTN),” jelasnya.

SBMPTN merupakan jalur lain ma­suk ke PTN dengan metode ujian tulis. Selain itu, masih ada satu jalur terakhir un­tuk mengakses perguruan tinggi, yaitu jalur mandiri yang akan dilakukan setelah pengumuman SBMPTN.

Khusus di Unsyiah, porsi pe­ne­ri­maan mahasiswa baru jalur SBMPTN dan jalur mandiri masing-masing 35 per­sen dan 25 persen, sementara 40 per­sen lainnya diterima melalui jalur SNMPTN.

Unsyiah melalui jalur SNMPTN mem­pertimbangkan secara khusus ke­lulusan para peserta yang memiliki ber­bagai prestasi di berbagai bidang, khususnya di bidang olimpiade mata pelajaran, hafalan Alquran serta olah­raga. Karenanya, para peserta se­be­lum­nya diminta mengunggah semua bukti pres­tasi mereka ke laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Sumber: Analisadaily.com

Komentar

Loading...