Terlibat Narkoba 30 Orang Prajurit TNI Dipecat

tnicantik
TNI cantik berfose

Aceh Portal – Banda Aceh

Puluhan personil dari satuan Polisi Militer Kodam (Pomdam) Iskandar Muda menjalani tes urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh yang berlangsung di markas Pomdam IM, Selasa (26/1).

Dalam kesemoatan itu, Danpomdam IM Kolonel CPM. Yusri Nuryanto menyatakan, jika terdapat anggota Pomdam yang terlibat narkoba akan langsung diproses sesuai hukum yang berlaku apakah sebagai penguna atau pengedar.

"Prajurit terlibat narkoba tidak ada toleransi sanksi tegasnya adalah di pecat,”ungkap Kolonel CPM. Yusri Nuryanto.

Danpomdam IM menyebutkan, di tahun 2015 ada sebanyak 38 kasus TNI terlibat narkoba, dan 30 orang anggota TNI dipecat, dan sisanya masih dalam proses persidagan

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Aceh, Khairan menyebutkan, pemeriksaan urine para prajurit merupakan realisasi dari pemerintah Indonesia yang menegaskan bahwa Indonesia sedang darurat narkoba. Tak hanya pencegahan di kalangan masyarakat, melainkan juga di institusi TNI.

"Penyalahgunaan dan peredaran narkoba tidak hanya mengenai masyarakat biasa, melainkan semua instansi bisa terkena dampaknya,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, ada beberapa kasus yang ditemui, ada oknum militer dan oknum Polri yang menjadi korban narkoba, bahkan menjadi pengedarnya. “Inilah yang kami cegah,"kata Khairan usai sosialisasi dampak bahaya narkoba kepada Prajurit Pomdam IM.

Dikatakannya, tindak pidana narkoba merupakan suatu kejahatan, sehingga berdampak luas pada permasalahan sosial antara lain penipuan, pencurian, perampokan, perkosaan dan pembunuhan.

"Akibat pengaruh narkotika para penguna narkoba ini sering kali melakukan penipuan dan pencurian serta perampokan," ujarnya.

Untuk melakukan tindakan aktif dalam pencegahan dan menangulangi narkoba, lanjutnya harus dilaksanakan bersama-sama dari semua elemen. Hal ini untuk mencegah dan mengantisipasi agar masyarakat termasuk prajurit dan PNS TNI jangan sampai ada yang mengunakan narkoba jenis apapun.(ro)

Komentar

Loading...