Usai Piala Dunia 2018, Buffon Pastikan Pensiun

buffon
Foto : Skysport.com

Turin - Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, akhirnya telah memutuskan waktu pensiunnya. Dia menyatakan akan berhenti bermain setelah perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Buffon merupakan salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki Italia. Mengawali karier profesional di Parma pada 1994, Buffon menjadi kiper termahal dunia saat diboyong oleh Juventuspada 2001.

Kala itu, Si Nyonya Besar merekrut Buffon dengan banderol sebesar 52 juta euro (atau sekitar Rp 766 miliar).

Keputusan Juventus membawa Buffon pun tak sia-sia. Pemilik 154caps tim nasional Italia itusukses meraih berbagai gelar bergengsi, dan menjadi salah satu pemain kunci tim hingga saat ini.

Pada Kamis (28/1/2016), Buffon akan menginjak usia 38 tahun. Dia pun mulai menunjukkan sinyal untuk mengakhiri karier profesionalnya sebagai pesepak bola.

Menurut mantan suami Alena Seredova tersebut, Piala Dunia 2018 akan menjadi puncak kariernya, saat dia memasuki usia 40 tahun.

"Jika bisa memaksakan diri tampil untuk Piala Dunia 2018, saya akan menjalaninya," kata Buffon, Senin (25/1/2016) waktu setempat.

"Setelah itu, saya akan menutup pintu dan berhenti bermain sepak bola," ujar kapten tim nasional Italia tersebut.

Selain bersama Juventus, Buffon juga pernah mengecap prestasi manis bersama Azzurri. Pencapaian terbaiknya adalah mengantarkan Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 di Jerman, dengan mengalahkan Prancis di final melalui adu penalti.

Status Buffon sebagai penjaga gawang nomor satu Italia juga dapat dibuktikan dengan kesuksesannya dalam meraih 10 kali gelar penjaga gawang terbaik Serie A.

SUMBER | Kompas.com

Komentar

Loading...