ISIS Benarkan Jihadi John Tewas dalam Serangan Drone November Lalu

Foto: REUTERS/SITE Intel Group/Handout via Reuters/Files
Foto: REUTERS/SITE Intel Group/Handout via Reuters/Files

Beirut - ISIS akhirnya mengonfirmasi bahwa algojo terkenalnya, Jihadi John telah tewas. Jihadi John tewas akibat serangan drone Amerika Serikat pada November 2015.

Seperti dikutip media online Dabiq dan dilansir AFP, Rabu (20/1/2016), ISIS telah membenarkan Jihadi John tewas. Pria berpaspor Inggris itu tewas pada 12 November 2015 akibat serangan drone di Kota Raqqa.

"Drone itu menargetkan mobil yang ditumpanginya saat melewati kota Raqqa, tembakan drone menghancurkan mobil dan dia tewas seketika," kata pihak ISIS.

Pihak militer Amerika Serikat memang sejak awal sangat yakin bahwa mereka telah berhasil menembak mobil yang ditumpangi Jihadi John. Namun, saat itu pihak ISIS menutup rapat-rapat kabar kematian algojo kondangnya.

Jihadi John alias Mohammed Emwazi dikenal sebagai warga negara Inggris yang banyak muncul dalam video pemenggalan ISIS. Dalam video yang beredar, John selalu mengenakan pakaian serba hitam dan menutupi mukanya dengan kain hitam. Di tangannya, selalu terlihat belati.

Kematian Jihadi John sempat dikaitkan dengan penyerangan brutal kelompok ISIS di Paris, Perancis. Seperti diketahui, Perancis memang tergabung bersama Amerika Serikat dalam melancarkan serangan besar-besaran ke Suriah.

Sumber: detik.com

Komentar

Loading...