Pemerintah Aceh Diminta Tambah Dana Pilkada

sumber foto: www.wakoka.co.id
sumber foto: www.wakoka.co.id

Aceh Portal - Banda Aceh

Pemerintah Aceh diminta untuk mengalokasikan anggaran yang cukup untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh yang dijadwalkan berlangsung awal tahun 2017 mendatang.

Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Muhammad Harun, disela-sela Feat and propertes Calon Anggota Panwaslih Aceh di ruang komisi I DPR Aceh, Selasa (12/1/2016).

Ia menyatakan, kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2017 diperkirakan sekitar Rp.200 Milyar lebih, namun yang dianggarkan dalam KUAPPAS tahun 2016 hanya sekitar 70 Milyar.

Menurut dia, sedikitnya anggaran dikhawatirkan akan mengganggu pelaksanaan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Aceh. Karena selisih dananya cukup signifikan dari Rp.200 miliar jadi Rp70 milyar.

“Kami berharap agar tim TAPA menyiapkan anggaran seefektif mungkin, TAPA harus duduk dengan KIP untuk menanyakan kebutuhan yang riil, karena yang 70 milyar ini kami juga nggak tahu,”terang Sekretaris Komisi I DPR Aceh itu.

Namun demikian, kata politisi partai Aceh itu, anggaran Pilkada juga masih bisa dianggarkan kembali pada APBA Perubahan 2016 nantinya.

Dikatakannya, kekurangan anggaran akan berdampak pada tidak maksimalnya pelaksanaan tahapan Pilkada. Menurutnya, pelaksanaan Pilkada Aceh harus disiapkan semaksimalkan mungkin, terutama untuk tahapan sosialisasi kepada masyarakat.

Sementara itu, terkait dengan tes calon anggota Panwaslih Aceh, Harun mengakui akan diumumkan hasilnya dalam beberapa hari kedepan, sehingga pihak Panwaslih bisa segera bekerja mengawasi tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada Aceh.(alfin)

Komentar

Loading...