Stok Berkurang, Harga Bawang Aceh Naik

ilustrasi bawang merah lokal (Aceh)/KOMPAS.COM
ilustrasi bawang merah lokal (Aceh)/KOMPAS.COM

Aceh Portal - Banda Aceh

Selama menjelang tahun baru selain kenaikan harga telur ayam ras, kebutuhan rumah tangga lain seperti bawang merah Aceh (lokal) juga mengalami lonjakan harga, yang mencapai Rp38 ribu/Kg. Akibat kurangnya pasokan dalam dua minggu ini.

Pantauan wartawan di pasar Peunayong, Banda Aceh, Rabu (6/1), seperti di jalan Kartini serta kawasan pecinan, tidak banyak para pedagang eceran sayur-sayuran yang menjajakan bawang lokal. Rata-rata mereka hanya menyediakan bawang merah jenis peking (luar Aceh).

Namun, hanya beberapa pedagang saja yang masih ada persedian bawang Aceh itu. "Sudah sejak menjelang tahun baru bawang merah Aceh stoknya berkurang," kata seorang pedagang eceran di Pasar Peunayong, Rahmat (28) di Banda Aceh.

Rahmat tidak mengetahui pasti bawang merah lokal itu mulai langka di pasaran. Apalagi rata-rata para pedagang eceran di kaki lima, mengambil barangnya dari pasar Lambaro, Aceh Besar.

Ia merincikan, harga bawang merah lokal saat ini dijualnya Rp38 ribu/Kg dari sebelumnya Rp26 ribu/Kg. Sedangkan bawang luar Aceh, malah mengalami penurunan harga, kalau sebelumnya dijual Rp28 ribu/Kg, kini Rp22 ribu/Kg.

Bahan kebutuhan rumah tangga lainnya yang mengalami lonjakan harga, diantaranya bawang putih, yang saat ini dijual Rp26 ribu/Kg, sebelumnya Rp20 ribu/Kg. Lalu, kentang dari Aceh Tengah dijual Rp10 ribu/Kg, kalau sebelumnya Rp7 ribu/Kg, sedangkan kentang asal Medan dijual Rp12 ribu/Kg.

Namun tidak dengan cabai merah yang mengalami penurunan harga, kalau sebelumnya dijual Rp32 ribu/Kg, kini Rp28 ribu/Kg. Sementara cabai rawit harganya Rp30-32 ribu/Kg, tomat Takengon Rp10 ribu/Kg dan tomat Medan Rp12 ribu/Kg.

Walaupun sejumlah barang kebutuhan mengalami kenaikan harga, kata Rahmat, masyarakat masih tetap membelinya karena mereka membutuhkan. Namun, mereka membelinya dengan skala kecil.

Seorang pemilik warung nasi di Banda Aceh, As (40) mengaku, dalam beberapa hari ini sejumlah barang kebutuhan pokok mengalami lonjakan harga. Dirinya berharap kepada Pemerintah harga tersebut segera normal seperti sebelumnya, bahkan lebih murah lagi. (raja)

Komentar

Loading...