Pengusaha Angkutan Umum Diminta Turunkan Tarif Angkutan Kota

foto: int
foto: int

Aceh Portal – Banda  Aceh

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Aceh, meminta para pengusaha transportasi angkutan umum di Aceh lebih mengutamakan menggunakantarif bawah, untuk kepentingan penumpang.

“Kita minta angkutan umun untuk mengunakan tarif bawah dikarenakan harga bahan bakar minyak (BBM) turun,”ujar Ketua Organda Aceh, Ramli kepada wartawan, di Banda Aceh, Selasa (5/1).

Hingga saat ini, kata Ramli, pihaknya juga belum bisa menentukan,tarif angkutan umum, karena belum mendapatkan intruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organda di Jakarta.

"Memang sudah lama kita mendengar isu penurunan harga BBM. Namun dengan turunnya harga hari ini, kita belum mendapat petunjuk dari organda pusat untuk menurunkan tarif angkutan,"terangnya.

Ramli mengakui turunnya harga BBM, khususnya solar yang rata-rata digunakan angkutan umum. Sehingga diharapkan para transportasi angkutan umum memberlakukan tarif bawah terlebih dahulu dibandingkan tarif atas.

"Jadi kita anjurkan kepada yang namanya angkutan, janganlah memberatkan masyarakat, gunakan tarif bawah. Karena semua orang tahuharga BBM turun, khususnya solar,"sebutnya.

Kita harapkan angkutan umun dapat menurunkan tariff transportasi antara tarif bawah dan atas itu berkisar 25 persen. Selain itu, tambah Ramli, Organda akan segera melakukan pertemuan dengan DPP, Dinas Perhubungan serta Gubernur Aceh, guna menentukan berapa tarif angkutan yang akan diturunkan nantinya.

"Karena saya sudah hubungi ke Organda pusat, diminta gunakan tarif bawah dulu," pungkasnya.

Sementara setelah diturunkanya harga BBM yang mulai diberlakukan 5 Januari 2016, untuk wilayah Aceh itu jenis solar Rp5.650/liter, sedang premiun Rp6.950/liter.(dd)

Komentar

Loading...