Aceh Terima 32 Unit Bus Trans Koetaradja

foto : int
foto : int

Aceh Portal - Banda Aceh

Kabid Lalulintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishubkominfo Kota Banda Aceh Muhammad Zubir menyebutkan, Aceh akan menerima sebanyak 32 unit bus Trans Koetaradja di tahun 2016 ini.

"Aceh menerima 32 unit bus untuk dua koridor, sedangkan untuk biaya pengiriman dan biaya operasional akan dibebani pada anggaran Pemerintah Aceh,”ungkap Zubir, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (5/1).

Ia menjelaskan, bahwa Surat Keputusan (SK) dan pendistribusian Bus Transportasi angkutan massal Trans Koetaradja sudah keluar dari Kementrian Perhubungan, dan SK tersebut dikeluarkan untuk semua daerah kecuali Jakarta.

Menurut dia, bantuan bus transportasi angkutan massal disetiap provinsi berbeda beda jumlah yang dibantu. "Kalau untuk Aceh menerima sebanyak 32 unit bus,”jelasnya.

Lebih lanjut, Zubir menambahkan, untuk sarana Halte hingga saat ini sudah siap 100 persen dan sudah bisa digunakan jika nantinya bus sudah tiba. "Namun saat ini banyak jalur halte yang dijadikan tempat parkir, harusnya jalan nasional tidak boleh dijadikan lahan parkir, hal ini terus menjadi pantauan kami untuk segera ditindaklanjuti,"terangnya.

Dishubkominfo akan segera mengambil tindakan terhadap digunakannya jalur Transkoetaradja sebagai tempat parkir. "Adanya parkir pribadi dilajur Trans Koetaradja, dan jalur khusus Trans Koetaradja akan segera kita bersihkan dari tempat parkir," tegas Zubir.

Zubir juga menyatakan, Dishubkominfo akan bekerjasama dengan Satpol PP dan WH kota Banda Aceh agar dapat merapikan pedagang dari jalur Bus.

Mengenai kapan jadwal kehadiran bus tersebut, diakui zubir belum ada kepastian tanggal, namun dalam waktu dekat bus akan hadir. "Saat ini belum adanya perekrutan sopir, namun pihak Damri sudah melatih

tiga sopir senior yang nanti ketiga sopir tersebut akan melatih sopir lainnya,"ungkap Zubir.

Zubir juga mengatakan, setelah Bus itu beroperasi maka akan ditampung diterminal Batoh, itu hanya bersifat sementara karena akan segera dibangun dilahan khusus yang telah disiapkan sebagai pangkalan Trans Koetaraja.(dd)

Komentar

Loading...