Tim Kesehatan Brigif 25/Siwah Sosialisasikan Cara Membuat Hand Sinitezer

Lhoksukon, acehportal.com - Naiknya frekuensi pemakaian hand sinitizer untuk melokalisasi Corona Covid-19, membuat banyak toko kehabisan cairan tersebut mengantisipasi kelangkaan tersebut tim kesehatan Brigif 25/Siwah Pimpinan Letda Ckm dr Wendy memberi edukasi ke Prajurit Brigif 25/Siwah cara membuat Hand Sanitizer secara sederhana, Blang Aman, Rabu (18/03/2020).

Sediakan cairan atau yang mengandung etanol, Alkohol, lidah buaya, dan pewangi Campur dengan air 10 liter, kemudian etanol bisa diambil dari pemutih atau etanol sesungguhnya.

“Setelah dicampurkan, dikocok agar air cepat bercampur. Jika sudah bercampur, air bersih yang berwarna bening akan berubah warna menjadi bening. Setelah campur, baru hand sinitezer tersebut siap dipakai,” jelas Letda Ckm dr Wendy.

Selain itu, tim kesehatan Brigif 25/Siwah semua dikerahkan untuk membantu penyemprotan disinfektan. Kantor, rumah dan setiap tempat semua disemprot disinfektan.

Danbrigif 25/Siwah Kolonel Inf Asep Sukarna S. Sos., S.I.P., MM menyampaikan Penggunaan Hand Sinitizer sangat disarankan untuk membunuh mikroorganisme seperti virus dan bakteri yang menempel pada tangan.

"Penggunaan hand sinitizer sangat direkomendasikan ketika terjadi epidemi penyakit [termasuk virus corona] karena dapat memperlambat penyebaran penyakit. Cara kerja antiseptik membunuh mikroorganisme, pertama melalui oksidasi dengan lemak dalam sel sehingga mikroorganisme langsung pecah dan mati. Atau dapat pula dengan langsung menyerang sitoplasma sehingga langsung merusak sel mikroorganisme,” jelas Danbrigif.

Komentar

Loading...