Lanal Sabang Selenggarakan Pemantapan Wawasan Kebangsaan Tingkat SMA

Lanal Sabang Selenggarakan Pemantapan Wawasan Kebangsaan Tingkat SMA

Sabang, Acehportal.com - Pangkalan TNI AL Sabang menyelenggarakan kegiatan Pemantapan Wawasan Kebangsaan dikalangan generasi muda di perbatasan yakni bagi siswa dan siswi tingkat SMA sekota Sabang.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 9 hingga 11 Maret 2020 kemarin yang secara resmi dibuka oleh Komandan Lanal (Danlanal) Dabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan di Dermaga Lanal Sabang.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh unsur forkopimda kota Sabang, Disdikpora, Kesbangpol, Dinas Sosial serta KONI Kota Sabang. Pembukaan kegiatan pun dimeriahkan dengan penampilan Marching Band dari SMK Negeri 1 Sabang.

Kegiatan ini, diikuti 150 siswa dan siswi SMA sekota Sabang yang terdiri dari 30 orang dari SMA Negeri 1, 30 orang dari SMA Negeri 2, 30 orang dari MAN, 30 orang dari SMK Negeri 1 dan 30 orang dari Pesantren Al-Mujaddid Kota Sabang.

Danlanal Sabang mengatakan, ada beberapa program penting yang telah dilaksanakan pada kegaiatan ini yakni pembekalan materi wawasan kebangsaan, ketrampilan Bahari, latihan PBB, Lomba cerdas cermat, Outbond serta renungan malam api unggun.

"Disamping itu, selama kegiatan para peserta khususnya yang beragama islam untuk melaksanakan salat berjamaah di sela-sela kegiatan," ujarnya Kamis (12/3/2020).

Selain menyelenggarakan kegiatan bagi para peserta, TNI AL juga memberikan sumbangan bantuan berupa buku-buku bacaan, bendera merah putih, Alquran serta peralatan olahraga kepada Sekolah tingkat SMA yang ada di kota Sabang.

Kolonel Laut (P) Agus Darmawan mengatakan, program kegiatan Pemantapan Wawasan Kebangsaan dikalangan ini merupakan program kegiatan tahunan TNI AL dalam membangun bidang kemaritiman di Indonesia yang tentunya sejalan dengan bawacita Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yakni "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan serta dengan pemerataan pembangunan antar wilayah terutama desa, kawasan timur Indonesia dan kawasan perbatasan".

"Hal itu juga yang menjadikan Pulau Weh, Kota Sabang yang terpilih sebagai salah satu lokasi dalam penyelenggaraan kegiatan ini," ujar Danlanal lagi.

Dirinya pun berterima kasih kepada segenap jajaran Pemko Sabang yang telah membantu dan mendukung kelancaran kegiatan ini serta kepada para Kepala Sekolah SMA sekota Sabang yang telah mengizinkan para siswa/siswi nya untuk mengikuti kegiatan ini.

"Apresiasi yang tinggi kepada para peserta, selama tiga hari mengikuti kegiatan semangat para peserta sangat tinggi serta penuh dedikasi," ungkapnya.

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Sabang, Andri Norman mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan positif yang diselenggarakan TNI AL, khususnya Lanal Sabang demi memantapkan pemahaman wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda.

"Yang mana saat ini sedikit terjadi pergeseran nilai-nilai dan wawasan kebangsaan sudah jarang dilaksanakan," jelasnya.

Ia juga berharap, generasi muda mendatang dapat lebih cinta terhadap tanah air dan bangsa agar dapat mewarisi nilai-nilai luhur dan kejuangan dari para pendahulunya.

Kepala SMK Negeri 1 Sabang mengatakan, kegiatan ini juga mendukung program PKN yang ada di sekolah, anak harus mengerti pentingnya memahami nilai-nilai kebangsaan.

Sementara Ketua Harian KONI Sabang juga mengatakan rasa syukur dan bangga atas terselenggaranya kegiatan ini dan ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus diselenggakan di masa mendatang.

Penulis:Hafiz
Rubrik:PendidikanUmum

Komentar

Loading...