WALHI Apresiasi Polda Aceh Terkait Penertiban Tambang Emas Ilegal di Aceh Barat

M Nur Walhi Aceh

Banda Aceh , Acehportal.com - Walhi Aceh mengapresiasi Dit Reskrimsus Polda Aceh dan jajaran di Aceh Barat atas keberhasilan mengungkap kegiatan pertambangan emas illegal di kawasan Gampong Tungkop, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Kamis (5/2/2020) kemarin.

Dimana, dalam operasi tersebut polisi berhasil mengamankan pelaku dan sejumlah alat berat.

Direktur Walhi Aceh, Muhammad Nur mengatakan, ini salah satu indikator keseriusan Polda Aceh dalam memberantas kejahatan lingkungan sektor pertambangan.

"Dimana selama ini kegiatan pertambangan emas ilegal telah berdampak serius terhadap lingkungan dan sebagai faktor penyebab terjadinya bencana ekologi di Aceh," ujarnya Jumat (6/3/2020).

Berdasarkan data dan temuan Walhi Aceh, kegiatan pertambangan emas illegal tak hanya terjadi di Aceh Barat. Akan tetapi kegiatan dan kondisi yang sama juga terjadi di Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Pidie dan juga di Aceh Tengah.

"Secara umum, lokasi pertambangan emas illegal berada dalam kawasan hutan lindung, wilayah sungai dan pemukiman penduduk dengan menggunakan mesin penyedot, alat berat, zat berbahaya dan melibatkan ribuan penambang," jelasnya.

Atas kondisi itu, Walhi Aceh mendorong Polda Aceh juga melakukan penertiban kegiatan pertambangan emas illegal di beberapa daerah lain dengan menangkap dan membongkar pihak-pihak yang selama ini terlibat di dalamnya.

Sehingga, tidak terkesan aparat penegak hukum hanya berani menangkap para pekerja lapangan dan operator alat berat saja, sedangkan toke atau pengusaha yang memberikan modal bebas dari jeratan hukum.

"Walhi Aceh menaruh harapan kepada Polda Aceh yang baru dan percaya bahwa beliau mampu menertibkan kegiatan pertambangan emas ilegal secara menyeluruh di Aceh," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...