Pemilik dan Penanam Ganja beserta Ladang Ditangkap di Pidie

Pemilik ladang dan penanam ganja ditangkap polisi

Pidie, Acehportal.com - Sat Resnarkoba Polres Pidie menemukan satu hektare ladang ganja di kawasan Kecamatan Tiro, Pidie, Kamis (27/2/2020) kemarin.

Selain ladang, polisi juga mengamankan dua tersangka selaku pemilik ladang serta penanam ganja. Keduanya ditangkap di kawasan Kecamatan Mutiara Timur, Pidie beberapa jam sebelum ladang ditemukan.

Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan melalui Kasat Resnarkoba, Iptu Yusra Aprilla mengatakan, penangkapan ini dilakukan setelah pihaknya menerima informasi dari masyarakat tentang adanya penanam ganja.

"Setelah menerima informasi, penyelidikan yang dilanjutkan dengan penangkapan kita lakukan bersama Sat Intelkam Polres Pidie," ujarnya Sabtu (29/2/2020).

Pemilik ladang, diketahui berinisial BT (38) dan penanam sekaligus orang yang merawat ganja adalah TN (50). Dalam penangkapan ini, polisi mengamankan 40 barang ganja beserta sebuah karung berisi batang dan daun ganja yang telah dipotong.

"Luas ladang sekitar satu hektare, dari pengakuan TN ia telah menanam ganja milik BT sebanyak tiga tahap, tersangka BT juga ikut membantu penanaman itu serta menjual hasil panen, keduanya mengaku menanam sejak lima bulan lalu," jelasnya.

Dari ladang ganja itu, polisi menemukan 300 batang ganja berusia tiga bulan dengan tinggi yang mencapai 2,5 meter. Batang ganja itu pun dicabut lalu sebagian besar dimusnahkan dan sisanya dijadikan sebagai barang bukti.

"Tersangka dan barang bukti masih diamankan di Mapolres Pidie untuk diproses lebih lanjut," tambah mantan Kasat Resnarkoba Polres Aceh Besar ini.

Untuk diketahui, penangkapan ini juga termasuk dalam Operasi Anti Narkotika (Antik) Rencong 2020 yang serentak dilakukan di seluruh Aceh hingga bulan Maret mendatang.

Penulis:Hafiz
Editor:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...