Lapas Klas II B Kutacane Over Kapasitas

Lapas Lambaro rusuh

Kutacane, Acehportal.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Kutacane, Aceh Tenggara mengalami kelebihan kapasitas. Dimana, daya tampung pada lapas tersebut untuk 75 orang, kini dihuni oleh 329 warga binaan.

"Lapas yang seukuran 35x45 itu sudah tidak lagi memadai untuk penampungan masyarakat binaan," ujar Kalapas, Fahyudi, Jumat (28/2/2020) kemarin.

Ia menjelaskan, lapas itu hanya memiliki 10 kamar seukuran 4x6 yang idealnya hanya untuk 7 atau 9 orang narapidana setiap kamar. Namun, kini kamar itu dihuni hingga 20 orang lebih.

"Memang ada 2 kamar lagi sebagai tambahan, itu juga hanya seukuran 2x4," ungkap Fahyudi.

Kelebihan kapasitas ini mengakibatkan lebih dari 100 orang tahanan terpaksa tidur di pelantaran lapas.

"Kita sudah semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan masyarakat binaan itu, tetapi tetap saja untuk kapasitas kamar tidak memadai," katanya.

Sebagian besar narapidana yang menjalani hukuman di lapas itu adalah narapidana yang tersandung kasus narkoba yang jumlahnya sekitar 75 persen.

"Semoga dengan adanya tanah yang dihibahkan oleh Pemda akan ada pembangunan lapas baru, tetapi tanah itu juga belum tersertifikat hibah oleh Pemda, masih dalam proses pengurusan," tutup dia.

Penulis:Hafiz
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...