Kawanan Gajah Liar Masuk Kebun Warga Di Aceh Jaya

Kawanan gajah liar rusak kebun warga

Calang, Acehportal.com - Puluhan gajah liar dalam beberapa hari ini diketahui memasuki kebun warga di sejumlah gampong yang ada dalam Kecamatan Panga, Aceh Jaya.

Salah satu gampong yang dimasuki kawanan gajah itu adalah Gampong Gunong Meulinteung dan Gunong Buloeh.

Kawanan gajah liar ini juga sudah merusakkan berbagai tanaman warga seperti kelapa sawit, padi, pinang dan berbagai tanaman lainnya.

Salah satu warga setempat, Darmansyah mengatakan, kawanan gajah biasanya memasuki perkebunan warga pada malam hari secara bergerombolan.

Akibatnya, para masyarakat setempat tidak berani pergi ke kebun dan ke sawah karena gajah masih berada di lokasi perkebunan warga dan ditakutkan jika sewaktu-waktu menjadi ancaman.

"Kami sekarang jadi takut melakukan aktivitas di kebun karena kawanan gajah berada diperkebunan," ungkap Darmansyah, Jumat (28/2/2020).

Ia menjelaskan, untuk saat ini petugas BKSDA sudah datang ke lokasi menghalau gajah, tetapi mereka hanya datang pada siang hari bukan pada malam hari.

"Kami berharap di lokasi ada petugas untuk stambay sehingga jika ada kawanan gajah yang masuk perkebunan bisa bersama-sama dengan warga menghalaunya ke hutan," jelasnya.

Sementara, Kepala Resort BKSDA Aceh Jaya, Supriadi menyampaikan, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan unsur Muspika Panga dan para tokoh gampong dan masyarakat.

Hari ini, pihaknya bersama dengan TNI dan Polri serta masyarakat telah menelusuri ke lokasi amukan kawanan gajah dengan menelusuri hutan dan perkebunan warga.

Mengenai kawanan gajah, untuk saat ini kawanan gajah sudah keluar dari lokasi perkebunan warga, namun juga tak bisa dipastikan karena sewaktu-waktu mungkin saja kembali ke perkebunan warga di Kecamatan Panga.

"Saat ini kawanan gajah yang merusakkan perkebunan warga diperkirakan sudah keluar dari lokasi, tetapi juga tidak bisa dipastikan jika kawanan gajah yang sudah keluar bisa kembali ke lokasi perkebunan warga," katanya.

Penulis:Hafiz
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...