Sejumlah Wilayah di Aceh Besar Kekeringan, Pemkab Salurkan Air Bersih untuk Masyarakat

Jantho, Acehportal.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyalurkan air bersih bagi masyarakat yang mengalami kekeringan di sejumlah wilayah di Aceh Besar. Penyaluran air bersih ini dilakukan Selasa (11/2/2020) sore tadi.

Penyaluran dilakukan Pemkab Aceh Besar melalui pihak BPBD Aceh Besar usai memantau sekaligus mengecek pos pemadam kebakaran yang ada di beberapa kecamatan di Aceh Besar.

"Kita melakukan pemantauan di wilayah Aceh Besar yang terdiri dari 23 kecamatan, sekaligus mengecek pos damkar yang ada di sejumlah kecamatan, semuanya siaga," ujar Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan AP.

Pemerintah menyalurkan air bersih untuk masyarakat di Kemukiman Lamlhom dan Kemukiman Kueh, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Penyaluran air bersih ini dilakukan di sepuluh gampong yang sudah melaporkan terjadinya kekeringan sumur

"Penyaluran air bersih ini kami lakukan atas laporan Imeum Mukim Lamlhom yang menyampaikan sudah lebih dari dua bulan masyarakat harus membeli air untuk kebutuhan sehari-hari mereka," kata Farhan.

Setelah pihaknya berkomunikasi dengan Majelis Keuchik dan Mukim (MKT) Lamlhom, maka disepakati untuk menyalurkan air bersih untuk masyarakat Lamlhom dan juga masyarakat Seubun dan Lambaro Seubun.

"Kita juga menyampaikan terimakasih kepada pihak PDAM Tirta Montala yang sudah menyediakan air bersih untuk kegiatan ini," ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, pihaknya juga berterima kasih kepada BPBA Aceh dan Balai Sarana Permukiman Wilayah Aceh yang sudah membantu tambahan armada untuk kegiatan kemanusiaan ini, sehingga kegiatan penyaluran air bersih untuk masyarakat yang terdampak kekeringan ini bisa berjalan baik dan lancar.

"Berdasarkan hasil kesepakatan dengan MKT Lamlhom dan instansi pendukung, kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dua kali seminggu dan akan dilakukan dievaluasi pelaksanaan sambil berjalan," jelasnya.

Keuchik Gampong Meunasah Karieng Lamlhom, Ridwan Ibrahim juga berterimakasih kepada BPBD Aceh Besar atas pasokan air bersih untuk masyarakat.

"Ini sangat membantu karena selama ini masyarakat harus iuran untuk membeli air minum. Mudah-mudahan ini bisa berlanjut sampai dampak kekeringan yang melanda kemukiman Lamlhom ini berakhir. Terimakasih Pemkab Aceh Besar atas bantuannya," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam rangka penyaluran air bersih untuk masyarakat Kecamatan Lhoknga ini, Balai Sarana dan Permuiiman Wilayah Aceh juga menyiapkan enam unit tempat penampungan air kapasitas 2000 liter yang dipinjampakaikan kepada masyarakat setempat untuk menampung air yang dipasok oleh BPBD dan Balai Sarana dan Permukiman Wilayah Aceh.

Kegiatan ini langsung didampingi Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan AP dan untuk hari ini telah menyalurkan air bersih lebih kurang sebanyak 40.000 liter air. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...