Memperingati hari gugurnya Pahlawan Teuku Umar, 24 Tim Ikuti Napak Tilas Teuku Umar

IMG-20200210-WA0003

Meulaboh, Acehportal.com -  Sebanyak 24 tim dari berbagai kalangan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengikuti kegiatan napak tilas dalam rangka memperingati 121 tahun gugurnya pahlawan nasional Teuku Umar tahun 2020, Senin (10/2/2020) pagi.

Pelepasan peserta dilakukan oleh Asisten II Setdakab Aceh Barat, Marhaban, di lokasi Tugu Prasemnia bertepatan di Desa Suak Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, dan kegiatan tersebut turut  dihadiri semua kepala atau yang mewakili instansi vertikal dan horizontal di daerah.

"Peserta menempuh perjalanan sekitar 40 kilometer yang dibagi dalam dua estapet hingga sampai ke Meugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu, hingga tempat pembaringan terakhir pahlawan nasional Teuku Umar," ujar Kadis Parbudpora Aceh Barat, M Ali Taufik.

Mengingat Pahlawan nasional yang bergelar Johan Pahlawan ini gugur terkena peluru tentara Belanda pada 11 Februari 1899. Peserta memulai napak tilas dari lokasi jenazah Teuku Umar di bawa oleh sahabatnya hingga sampai ke lokasi makam pahlawan.

M Ali Taufik, menyampaikan, bahwa hari puncak peringatan di pusatkan di lokasi taman makam pahlawan nasional di Meugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu, akan ada khanduri rakyat yang akan dihadiri ribuan tamu Selasa 11 Februari 2020.

"Kegiatan ini untuk mengenang tragedi berdarah 121 tahun silam. Dimana putra terbaik bangsa Teuku Umar, gugur di pantai Suak Ujong Kalak ini," kata Asisten II Setdakab Aceh Barat dalam sambutan tertulis Bupati Aceh Barat, H Ramli, MS.

Melalui semangat juang pahlawan nasional berdarah Aceh ini, diharapkan menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa, dan menjadikan semangat untuk berjuang mengisi kemerdekaan dan mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Pesan kita sebagai masyarakat yang ditinggalkan teuku umar, semngat dan perjuangannya kita kibarkan mengisi kemerdekaan, apa yang baik kita laksanakan untuk Indonesia yang lebih bagus," pungkasnya.

Penulis:Dani
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...