14 Nelayan Iran Terdampar di Perairan Aceh Barat

14 Nelayan Iran Terdampar di Perairan Aceh Barat

Meulaboh, Acehportal.com - Sebanyak 14 orang nelayan asal Iran diketahui terdampar bersama kapalnya di perairan Aceh Barat, Selasa (28/1/2020). Diduga, kapal asing ini mengalami kerusakan mesin sehingga terombang-ambing di lautan Indonesia selama dua bulan.

"Kita bersama tim terpadu melakukan pengecekan dan pemeriksaan kewarganegaraan mereka, kendala mereka mesin kapalnya rusak," kata Kapolres Aceh Barat, AKBP Andrianto Argamuda melalui Kasat Polairud, Ipda Fahmi Suciandy saat dikonfirmasi.

Fahmi menjelaskan, nelayan asal Iran ini diduga telah dua bulan lebih terombang-ambing karena kerusakan mesin kapal. Kapal nelayan asing ini pun lalu dievakuasi dan tiba di perairan Aceh Barat subuh tadi sekitar pukul 03.00 WIB.

Kapal tersebut, sambungnya, ditarik oleh nelayan Aceh setelah ditemukan sekitar 20 mil dari kawasan pesisir pantai Aceh Jaya. Dari sanalah kapal tersebut ditarik hingga tiba di Aceh Barat.

"Sementara ini kita hanya melakukan pemeriksaan kewarganegaraan, persoalan penanganan kesehatan dan data dokumen mereka ada di Imigrasi," ungkapnya saat di lokasi bersama tim gabungan Imigrasi dan Basarnas Pos Meulaboh.

Saat ini, diketahui kapal tersebut terparkir sekitar 3 mil dari pantai Aceh Barat. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim terpadu, dipastikan semua nelayan dari Iran ini tidak dibenarkan sandar ke darat, apalagi diturunkan.

Informasi lain yang diperoleh, kapal asal Iran ini ditemukan nelayan Aceh sejak sore kemarin. Bahkan, kabarnya kapal ini sempat dibajak oleh perompak di lautan Somalia.

Penulis:Hafiz/Dani
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...