Seluruh Desa di Aceh Teraliri Listrik, Plt Gubernur Aceh Beri Apresiasi Kepada PLN

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - PT PLN telah melakukan sambungan listrik ke 6.497 gampong yang ada di Aceh. Artinya seluruh desa di provinsi Aceh telah dialiri listrik.

Hal tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutannya pada peresmian 100 persen listrik desa di aula PLN Unit Wilayah Aceh, Kamis (23/1).

Nova juga mengapresiasi dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat yang telah membantu dan mendukung kerja-kerja PLN sehingga program 100 persen desa teraliri listrik ini sukses terselenggara.

"Saya mengapresiasi keberhasilan PLN yang telah melakukan sambungan listrik, saat ini seluruh Gampong di Aceh sudah teraliri listrik. Saya juga mengajak semua pihak terutama pemerintah Kabupaten untuk mendukung upaya PLN melakukan sambungan listrik rumah tangga di tahun 2020 mendatang," ujar Nova.

Mengaliri listrik ke seluruh Gampong di Aceh, kata Nova bukan perkara yang mudah, berbagai kendala dihadapi petugas dalam menembus gampong-gampong. Untuk itu patut kita syukuri apa yang telah dicapai.

"Saya paham betul kendala-kendala PLN menembus gampong-gampong di pedalaman Aceh. Satu persen terakhir ini memang cukup berat. Sekali lagi terima kasih PLN," kata Nova.

Nova juga menyebutkan, dari 15 program unggulan Pemerintah Aceh yang berjalan saat ini, salah satunya adalah Aceh Energi, yang tidak hanya fokus pada upaya meningkatkan produksi Migas di Aceh, tapi juga mendorong agar PT.PLN (Persero) agar mampu mengatasi masalah ketersediaan energi listrik di Aceh.

"Kita juga mendorong PT. PLN terus memperbaiki jaringan transmisinya agar penyaluran listrik kepada masyarakat berjalan lebih lancar. Selain itu langkah yang kita lakukan kedepan antara lain, mengajak investor untuk berinvestasi mengembangkan berbagai sumber energi listrik di daerah ini," sebut Nova.

Sebelumnya, Direktur Bisnis PT PLN Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan, bahwa cakupan 100 desa teraliri listrik di Aceh ini adalah yang pertama di Sumatera.

Saat ini, lanjut Wiluyo, PLN terus membangun pembangkit listrik di sejumlah wilayah di Aceh, di anataranya di Arun dan Nagan Raya.

"Aceh adalah daerah tingkat provinsi pertama di Sumatera yang seluruh desanya telah dialiri listrik. Insya Allah, di tahun 2022 kita sudah surplus. Bahkan, jika beberapa pembangkit yang sedang kuta keejakan iji ramoung, maka 4 tahun setelahnya Aceh sudah memiliki 1.160 MW. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan Pemerintah Aceh dan seluruh elemen di Aceh agar program ini segera selesai," harap Wiluyo.

Sementara GM PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi menyebutkan rasio elektrifikasi di Aceh sudah mencapai 99,99 persen. Masih ada sekitar 18 ribu KK lagi yang belum menikmati listrik.

"Masih ada 18 ribu KK yang kurang mampu yang belum dialiri listrik. Untuk 2020 kami akan masuk lebih dalam lagi untuk bisa mengaliri listrik," sebut Jefri.

Dengan ketersediaan listrik di seluruh desa diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan untuk hal - hal produktif dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Penulis:Redaksi
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...