367 Bal Ganja Galus Akan Dikirim ke Medan, Polisi Masih Buru Dua DPO

Banda Aceh, Acehportal.com- Beberapa waktu lalu, personel Sat Resnarkoba Polres Gayo Lues mengungkap upaya penyelundupan 367 bal ganja kering seberat kurang lebih 367 kilogram di Kecamatan Rikit Gaib, Gayo Lues.

Selain ganja, polisi juga mengamankan empat tersangka serta dua unit mobil minibus jenis Avanza dan Kijang Innova yang digunakan untuk mengangkut ganja. Sementara, dua tersangka yang kabur hingga kini masih diburu.

Kasat Resnarkoba Polres Gayo Lues, AKP Syamsuir mengatakan, ratusan bal ganja itu hendak dikirimkan ke Medan, Sumatera Utara. Hal ini diketahui berdasarkan pengakuan dari keempat tersangka yang ditangkap saat itu.

"Sementara tujuan bawa ganjanya ke Medan, ada yang menunggu disana yaitu di kawasan Ring Road, namun tidak diketahui identitasnya. Untuk DPO berinisial UT dan UC sedang kita cari," ujarnya Jumat (24/1/2020) saat dikonfirmasi.

Kasat menjelaskan, masih berdasarkan pengakuan para tersangka yang ditangkap, ratusan kilogram barang haram ini disediakan oleh tersangka UT (DPO) dari wilayah Gampong Agusan, Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues. Para pelaku yang ditangkap hanya berperan sebagai pengantar barang.

"Barangnya dari Desa Agusan, Kecamatan Blangkejeren, yang menyediakan barang (ganja) yaitu UT (DPO), sementara empat tersangka yang ditangkap mereka hanya mendapatkan upah atau ongkos bawa barang sebesar Rp 20 juta," jelasnya.

Saat ini, para tersangka yang ditangkap masih diamankan di Mapolres Gayo Lues beserta barang bukti. Polisi pum masih terus mengembangkan kasus ini serta memburu dua pelaku lain yang kabur.

"Mereka dijerat Pasal 111, 115 dan 132 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 5 tahun penjara hingga seumur hidup," tambah Syamsuir. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...