Mati, Buaya Tangkapan Warga Sungai Lueng Langsa Dikuburkan

Langsa, Acehportal.com - Buaya muara sepanjang dua meter lebih yang ditangkap masyarakat di Sungai Lueng, Langsa telah mati. Buaya itu pun kini telah dikuburkan di kawasan Resort Langsa, Minggu (12/1/2020).

Hal ini dikatakan Kasi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe, Kamarudzaman saat dikonfirmasi melalui telepon seluler. "Panjang buaya sekitar 2,5 meter dengan bobot 60 kilogram dengan jenis kelamin betina," katanya.

Ia menjelaskan, buaya muara ini mati setelah terkena jaring nelayan setempat. Setelah petugas menerima informasi, buaya langsung diamankan dalam keadaan mati yang kemudian dikuburkan petugas.

"Dikubur di kawasan Kantor Resort KSDA Langsa, lokasi penangkapan memang merupakan habitat buaya," jelas Kamarudzaman.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat setempat agar lebih berhati-hati jika beraktivitas di sungai tersebut. Ini dimaksudkan agar nantinya tak ada konflik yang terjadi antara buaya muara dan manusia.

"Selain itu segera laporkan ke pihak KSDA jika ada hal yang berkaitan dengan satwa-satwa dilindungi agar dapat langsung ditangani," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, masyarakat menangkap seekor buaya sepanjang dua meter yang berada di bawah jembatan Jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di Sungai Lueng, Langsa, Minggu (12/1/2020).

Informasi yang diperoleh, penemuan buaya itu diketahui pertama kali oleh seorang nelayan yang sedang menangkap ikan di sekitar lokasi sekira pukul 07.00 WIB tadi.

Nelayan tersebut langsung memanggil warga lainny untuk menangkap buaya yang diperkirakan sepanjang dua meter itu. Dengan cara seadanya bermodalkan tali, masyarakat pun langsung melakukan penangkapan.

Sekitar dua jam lebih, warga baru berhasil menangkap buaya itu dengan menggunakan tali. Saat ini, buaya yang diikat itu langsung dinaikan keatas titi (jembatan).

"Kami rencananya mau menyerahkannya ke BKSDA dan sedang menunggu selanjutnya  mau dibawa kemana," ujar Eko, salah satu warga setempat.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Aryanto yang dikonfirmasi terpisah melalui pesan singkat membenarkan hal ini. Ia mengatakan, saat ini buaya hasil tangkapan warga ini telah ditangani oleh petugas BKSDA Resort Langsa.

"Buaya itu sudah mati, diduga terkena jaring nelayan dan rencana mau dikubur di kawasan Resort Langsa," kata Agus yang mengaku dirinya belum memperoleh informasi lebih detail karena petugas masih bekerja di lapangan.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...