IPELMABAR Dukung Bupati Aceh Barat Tugaskan Bidan PTT Kembali ke Desa

Ketua Umum IPELMABAR Sanusi

Meulaboh, Acehportal.com- Ikatan Pelajar Mahasiswa Aceh Barat (IPELMABAR) Banda Aceh menyambut positif kebijakan Bupati Aceh Barat dalam menugaskan kembali Bidan PTT ke desa demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Ketua Umum IPELMABAR Sanusi, Sabtu (11/1/2020) menyatakan keputusan bupati dalam mengembalikan Bidan PTT yang sebelumnya bertugas di desa menurutnya sudah tepat dilakukan karena melihat kondisi tidak adanya tenaga kesehatan di pedesaan yang membantu masyarakat ketika sakit atau melahirkan.

"Kami sangat mendukung kebijakan bupati mengembalikan Bidan PTT kembali ke desa karena masyarakat pedesaan sangat butuh bantuan tenaga kesehatan, seperti beberapa hari yang lalu kami berdiskusi dengan warga Gampong Gaseu Sungai Mas mengeluh tentang tidak adanya tenaga kesehatan di desa sedangkan fasilitas seperti POLINDES sudah lama dibangun.

"Sehingga ketika masyarakat butuh pertolongan harus dilarikan ke puskesmas kecamatan yang lumayan jauh bahkan pernah terjadi kematian seorang Ibu saat mau melahirkan" ungkapnya (11/1/2020)

Sebelumnya Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS menyerahkan SK Bidan se wilayah kerja Puskesmas dalam Kabupaten Aceh Barat di Aula Dinas Kesehatan Aceh Barat, Rabu (8/1/2020)

SK diserahkan kepada 140 orang bidan yang diputihkan pada tahun 2017 lalu yang dulunya adalah bidan PTT yang mulai bertugas mulai tahun 2007 sampai 2015.

Saat masih bidan PTT mereka bertugas di desa selama 24 jam tetapi dengan setelah diputihkan pada tahun 2017, mereka dipindah tugaskan ke Puskesmas dan atas permintaan Bupati H. Ramli. MS mereka dipindah tugaskan kembali ke desa untuk mendukung program Pemkab Aceh Barat dan Pemerintah Pusat guna menurunkan angka kematian ibu hamil dan stunting. ()

Penulis:Dani
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...