Dua Titik Panas Terpantau di Aceh Tengah dan Nagan Raya

Banda Aceh, Acehportal.com- Sejumlah titik panas mulai terpantau di Aceh. Hal ini diketahui setelah pihak Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh menyampaikan laporannya, Rabu (8/1/2020).

Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad mengatakan, titik panas ini muncul karena minimnya intensitas hujan yang didukung dengan faktor suhu udara yang panas.

"Saat ini intensitas hujan memang sangat sedikit dan suhu udara mencapai 32 derajat Celcius sehingga mulai terpantau titik panas, maka kita waspadai jangan sampai terjadi kabut asap," ujarnya.

Zakaria menjelaskan, bila dilihat dari pantauan Sensor Modis Satelit Terra, Aqua dan Suomi NPP, terpantau dua titik panas di Aceh yakni di wilayah Aceh Tengah dan Nagan Raya.

Suhu udara yang meningkat menyebabkan sejumlah lahan gambut menjadi kering dan mudah terbakar bahkan bisa langsung terbakar bila lahan gambut itu terkena puntung rokok.

"Jika cuaca panas seperti ini lahan gambut mudah terbakar karena sudah sangat kering, makanya mari kita saling menjaga agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan," ajak Zakaria.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Hal ini karena dapat menimbulkan titik panas yang signifikan dan menimbulkan kabut asap.

"Membuka lahan dengan cara membakar ini sangat berbahaya bila dalam keadaan cuaca yang seperti sekarang, hak itu harus dihindari," tambahnya. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...