Kematian 5 Gajah di Aceh Jaya Masih dalam Penyelidikan Lanjut

Ilustrasi gajah mati

Calang, Acehportal.com- Sejak dua hari kemarin, lima kerangka gajah ditemukan di sejumlah lokasi terpisah di Aceh Jaya, tepatnya di kawasan Gampong Tuwi Priya, Kecamatan Pasie Raya. Kerangka gajah liar Sumatera ini ditemukan dalam area perkebunan kelapa sawit milik warga.

Di hari pertama, Rabu (1/1/2020) kemarin, tim BKSDA Aceh bersama Polres Aceh Jaya dan sejumlah pihak terkait awalnya menemukan dua kerangka gajah. Pada Kamis (2/1/2020), tiga kerangka gajah kembali ditemukan meski lokasinya berbeda yang masih dalam wilayah itu.

Kelima kerangka gajah yang ditemukan terdiri dari tengkorak kepala, telapak kaki serta sejumlah bagian tulang lainnya. Tim menduga, mamalia besar ini mati karena terkena aliran listrik yang ada pada jerat pembatas kebun tersebut.

Kasus ini pun masih dalam penyelidikan lebih lanjut pihak Sat Reskrim Polres Aceh Jaya. Hal ini dikatakan Kapolres Aceh Jaya, AKBP Eko Purwanto melalui Kasat Reskrim, Iptu Bima Nugraha Putra saat dikonfirmasi Jumat (3/1/2020) malam.

"Sementara untuk perkembangan masih dalam proses lidik, untik tersangka masih kita dalami lebih lanjut. Saksi sebagian ada yang tidak di tempat dan Senin (nanti) akan kita periksa lebih lanjut," ujarnya.

Saat ini, polisi pun telah mengamankan seluruh kerangka gajah yang ditemukan di lokasi. Kerangka gajah liar Sumatera ini diamankan di Mapolres Aceh Jaya.

"Masih diamankan, sampai nanti menunggu tahap 2 akan kita serahkan ke jaksa," kata Kasat Reskrim.

Beredar kabar bahwa ada dua kerangka gajah lainnya yang ditemukan di lokasi tersebut hari ini, Jumat (3/1/2020). Kerangka ditemukan di titik lainnya yang tak jauh dari titik penemuan sebelumnya. Namun, kepolisian membantah hal ini.

"Hari ini tidak ada bang, cuma 5 kerangka, tadi pagi sampai sore sudah kita cek ulang di lokasi tidak temuan yang baru," jelas Bima.

Hal yang sama juga ditegaskan Kepala BKSDA Aceh, Agus Aryanto secara singkat saat dikonfirmasi terpisah melalui pesan Whats'App. "Tidak ada pak," ujarnya seraya menegaskan kasus ini ditangani Polres Aceh Jaya.

Kasus kematian gajah liar Sumatera ini menambah daftar kematian gajah di Aceh dan mirisnya, hal ini diketahui awal tahun. Pemerintah dan pihak terkait diharapkan dapat mengungkap kasus ini serta mencegah terjadinya hal serupa dan lainnya. ()

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...