Kasdam IM Saksikan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Melalui Video Conference

Kepala  Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E. bersama Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Rio S Djambak, menyaksikan rapat koordinasi lintas Sektoral melalui Video Conference di Polda Aceh, Jumat (13/12/2019).

Selain itu Video Conference  juga disaksikan oleh Wakapolda Aceh, Kabinda Aceh, para pejabat Kodam IM dan para pejabat Polda Aceh, Kadis Kesehatan Prov Aceh, Kadis Parawisata dan Kebudayaan Aceh, Kadis PUPR Provinsi Aceh, Kadishub Prov Aceh, Meneger PT Pertamina Aceh, Kepala BPBA, Kepala Basarnas Aceh, Kepala PT Jasa Raharja Aceh dan pejabat terkait lainnya.

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 berlangsung di Auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan.

Dalam rapat tersebut diikuti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Kepala Polri Komjen Ari Dono Sukmanto, Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Bagus Puruhito, serta perwakilan PT Pertamina, PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan Jasamarga.

Dalam rapat itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa TNI siap mendukung suksesnya peringatan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“TNI akan senantiasa siap untuk memberikan bantuan dan dukungan, baik personel maupun alutsista sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki satuan-satuan yang sudah tergelar di tiap-tiap wilayah, guna suksesnya Peringatan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” kata Panglima TNI.

Dalam Operasi Lilin 2019 untuk mendukung pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, TNI menerjunkan 17190 prajurit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Panglima TNI menyampaikan, pengamanan tahun 2018 menjadi rujukan dalam dalam pengamanan tahun ini. "Masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing,” kata Panglima TNI.

Natal dan Tahun Baru merupakan momen penting yang akan melibatkan pergerakan masyarakat dan kendaraan dalam jumlah cukup besar, sehingga dibutuhkan pelayanan publik di wilayah-wilayah di setiap tempat dan tentunya jaminan keamanan yang prima. Dengan demikian, sudah seharusnya semua pihak mewaspadai dan mempersiapkan segala sesuatu sesuai bidang tugas masing-masing.

“Selanjutnya tiap bidang perlu untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya agar dapat saling mendukung, melengkapi dan bertukar informasi,” terang Panglima TNI.

Lebih lanjut, kata Panglima TNI, yang patut diperhatikan tidak hanya mengamankan masyarakat, tetapi juga mengamankan petugas-petugas yang ditempatkan di lapangan. Dan agar diperhatikan bila ada yang melihat sesuatu yang mencurigakan, segera memberitahukannya kepada orang lain, khususnya aparat terkait.

Selanjutnya, Kepala  Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E. bersama Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Rio S Djambak memberi intruksi melalui Video Conference kepada Danrem 011/LW, Danrem 012/TU dan seluruh Kapolres dan Dandim se Provinsi Aceh.

Komentar

Loading...