Kasdam IM Hadiri Peresmian Katana

Aceh Besar - Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM), Brigjen TNI A Daniel Chardin S.E menghadiri Launching Keluarga Tangguh Bencana (Katana) di Pasie Jantang, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Minggu (08/12/19). Program  Katana diluncurkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pada kesempatan tersebut Kasdam IM didampingi Perwira Ahli Bidang Sosbud Kolonel Inf Kosasih, Aster Kolonel Inf  M Yamin Dano, Danrem 012 Kolonel Inf Aswardi dan Dandim BS Kolonel Inf Hasandi Lubis.

Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo menjelaskan, Katana merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap penguatan kapasitas keluarga Indonesia dalam menghadapi ancaman bencana sekaligus mengurangi korban jiwa dari anggota keluarga pada saat terjadi bencana.

BNPB memprioritaskan penerapan program Katana di Aceh lantaran Provinsi Aceh merupakan salah satu daerah rawan bencana. Dalam praktiknya, masyarakat akan diberikan pemahaman terhadap berbagai macam bencana dan cara penanggulangannya.

Doni Monardo menjelaskan, ada tiga tahapan dalam Katana, yaitu sadar risiko bencana, penguatan pengetahuan, dan Katana Berdaya yaitu menyasar kemampuan menyelamatkan diri sendiri, keluarga, tetangga, dan orang lain.

"Jadi program katana ini tidak sama di semua daerah, tetapi disesuaikan dengan karakteristik daerah bencana. Ada daerah rawan gempa bumi, ada daerah rawan banjir, gunung berapi, longsor dan lain-lain," katanya.

Komentar

Loading...