Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Aceh Barat Tanam Ratusan Pohon

Acehportal.com

Meulaboh, Acehportal.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan penanaman ratusan batang pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke- 47, di pantai Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Kamis (28/11/2019).

Kepala DLHK Aceh Barat Mulyadi kepada wartawan mengatakan, penanaman pohon berbagai jenis itu sengaja dilakukan di Pantai Lhok Bubon, karena pantai tersebut dianggap sudah menjadi tempat rekreasi wisatawan, sekaligus tempat islami atau pantai yang sering dikunjungi.

"Kegiatan penanaman ratusan pohon ini juga kita libatkan sebagian warga gampong, siswa, TNI, dan dinas terkait, adapun tujuannya menanam pohon disini supaya pantai ini menjadi teduh dan asri, selain itu, tanaman yang sudah ditanam juga sudah menjadi kewajiban tanggung jawab kita bersama," sebutnya.

Menyangkut dengan jenis tanaman lanjut Mulyadi, mereka memilih tanaman vegetasi pantai, antara lain, pohon cemara laut, ketapang kencana, sukun serta pohon produktif seperti, pohon mangga, rambutan, dan batang kelapa.

"Adapun pohon tersebut dari hasil partisipasi pihak Kodim 0105, PT Mifa Bersaudara, PT KTS, selebihnya dari hasil pengadaan DLH sendiri," tambahnya.

Dikatakannya, terkait ceceran sampah dilokasi tepatnya di lokasi hari peringatan Lingkungan Hidup Sedunia, dua hari sebelum peringatan tersebut terlaksana, pihak DLH Aceh barat bersama aparatur gampong sudah melakukan pembersihan sampah yang tercecer di pinggir pantai itu.

"Tiga hari sebelumnya kita sudah melakukan pembersihan bersama masyarakat Gampong, kenapa sampah itu muncul lagi karena cemaran ini bersifat musiman," ujarnya.

Untuk pembersihan lebih tuntas pihak DLH akan segera membersihkan sampah yang berceceran disekitar pantai Lhok Bubon maupun di tempat lainnya, dengan melibatkan masyarakat gampong. Kebersihan tersebut juga merupakan tanggung jawab kita bersama," pungkasnya. ()

Penulis:Dani/As
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...