Pantai di Aceh Barat Tercemar Ratusan Bangkai Ikan

Bangkai ikan yang tercecer di bibir pantai Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Rabu (27/11/2019).

Meulaboh, Acehportal.com- Ratusan bangkai ikan tercecer di sepanjang bibir pantai Desa Padang Seraheut, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Diduga bangkai ikan itu sengaja dibuang oleh pemiliknya karena terkendala proses penjemuran.

Salah satu nelayan Mahdi kepada wartawan Rabu (27/11/2019) mengatakan, bangkai ikan yang tercecer di sepanjang pesisir pantai tersebut sudah berlangsung selama dua hari ini.

"Sudah dua hari bangkai ikan tongkol ini mencemari sepanjang pesisir pantai dan kami nelayan pun sangat tidak nyaman keberadaan bangkai ikan itu," ujar Mahdi.

Selain bangkai ikan yang mengotori pesisir pantai itu, sampah domestik juga menjadi salah satu faktor utama yang membuat rusaknya keindahan wilayah pantai tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLK) Mulyadi mengakui terkait pencemaran dibeberapa tempat khususnya wilayah pantai Aceh Barat akan segera ditangani oleh dinas terkait serta melibatkan warga setempat.

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat agar dapat mengurangi sampah disekitar atau mengurangi tingkat pencemaran yang terjadi.

Dikatakannya, kondisi pantai yang tercemar seperti sampah plastik dan ranting kayu, sebelumnya pihak DLH Aceh Barat, juga sudah pernah melakukan pembersihan dan juga melibatkan warga gampong, serta Camat Kecamatan Mereubo.

"Karena ini bersifat kan kondisi alam atau pencemaran musiman, namun, bersama masyarakat dan pihak kita siap membantu membersihkan sampah. Kalau masalah bangkai ikan, kita baru tahu. Tapi akan secepatnya kita bersihkan," ungkap Mulyadi. ()

Penulis:Dani/As
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...