Laznas Al Azhar dan YBM PLN Wisuda 88 Peserta Diklat RGI Aceh

Laznas Al Azhar dan YBM PLN Wisuda 88 Peserta Diklat RGI Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Al Azhar bersama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mewisuda siswa peserta Pendidikan Pelatihan dan Keterampilan (Diklat) Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Aceh angkatan 19 dan 20 di aula Teuku Umar PLN UIW Aceh, Sabtu (20/7).

Sebanyak 88 siswa RGI yang berasal dari Aceh mengikuti prosesi wisuda setelah enam bulan mereka dibina dan dididik di kampus RGI Aceh di kawasan Neuhen Aceh Besar.

Direktur Eksekutif Laznas Al Azhar, Agus Nafi' dalam sambutannya menyebutkan angka pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. RGI merupakan salah satu ikhtiar dari Laznas Al Azhar dan YBM PLN untuk membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran khususnya di Provinsi Aceh.

"Kebanyakan pengangguran dari mereka yang baru lulus sekolah, adanya RGI di Aceh salah satu upaya Al Azhar bersama YBM PLN bisa berkontribusi dalam penanggulangan angka pengangguran di Aceh," ujarnya.

Dari 88 siswa yang diwisuda, lebih dari separuhnya sudah diserap dunia kerja di perusahaan swasta.

"Ada 53 orang dari jurusan otomotif, tataboga dan kelistrikan telah bekerja di perusahaan swasta yang ada di Aceh. Kedepan mereka bisa menjadi generasi yang mandiri," katanya.

Sementara GM PLN Aceh, Jefri Rosiadi menyampaikan selamat kepada peserta diklat RGI Aceh yang di wisuda, ilmu yang telah didapatkan dari instruksi bisa berguna dan menghasilkan keterampilan yang profesional.

"Ilmu yang didapatkan sejak diklat bisa di manfaatkan, sehingga kedepannya bisa membuka lapangan kerja sendiri terutama jurusan otomotif dan tatabusana," kata Jefri.

Pihaknya juga mengajak kepada asosiasi kelistrikan bisa menampung alumni siswa RGI Aceh untuk bekerja sehingga mengurangi jumlah penangguran.

Siswa yang menggikuti Pendidikan Pelatihan dan Keterampilan di RGI kampus Aceh kebanyakan dari keluarga yang kurang mampu. Mereka diberikan pelatihan dengan tiga jurusan yakni Otomotif, tatabusana dan kelistrikan.

"Kepada asosiasi kelistrikan di Aceh diharapkan bisa mempekerjakan siswa RGI Aceh yang berprestasi khusus jurusan kelistrikan , sehingga mereka bisa membantu kehidupan keluarganya," harap Jefri.

Penulis:rol/redaksi
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...