Sekitar 109,5 Hektar Lahan Terbakar di 10 Kabupaten di Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sejak 5 Juli kemarin hingga hari ini, sekitar 109,5 hektar lahan terbakar di 10 Kabupaten di Aceh. Dari jumlah tersebut, sekitar 90 persen api yang membakar lahan telah padam dan sisanya masih diupayakan.

Hal ini dikatakan Kepala Pelaksana BPBA, Ahmad Dadek, Selasa (9/7/2019). "Sepuluh Kabupaten yang mengalami kebakaran lahan yakni di Nagan Raya, Bener Meriah, Abdya, Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Aceh Tengah serta Aceh Singkil dan Galus," ujarnya.

Di Nagan Raya, kebakaran lahan terjadi di 4 kecamatan yang hingga kini masih dalam proses pemadaman dengan sisa luas lahan yang terbakar sekitar 20,5 hektar dari 32,5 hektar lahan yang terbakar. Sementara di Bener Meriah, kebakaran lahan yang terjadi di satu kecamatan telah dipadamkan dengan luas lahan yang terbakar 1/4 hektar.

"Di Abdya, 3 hektar lahan juga sudah padam, di Aceh Barat terjadi di 4 kecamatan dan hingga kini masih terus dilakukan pemadaman karena cakupan wilayah terus bertambah dan mendekati pemukiman warga. Luas lahan yang terbakar sekitar 45 hektar," ungkap Dadek.

Di Aceh Besar, kebakaran lahan terjadi di lima kecamatan dan kini api sudah padam dengan luas lahan yang terbakar diketahui sekitar 19 hektar. Sementara di Aceh Selatan, api yang membakar lahan seluas 3,5 hektar juga telah padam, begitu pun lahan yang terbakar di Aceh Jaya seluas dua hektar.

"Di Aceh Tengah lahan terbakar satu hektar, di Aceh Singkil seluas 4 hektar dan di Gayo Lues sekitar satu hektar, semuanya telah dipadamkan," katanya lagi.

Dalam upaya pemadaman api yang membakar lahan, petugas di lapangan telah menerima sejumlah bantuan alat untuk pemadaman seperti 100 pasang sepatu tahan api dan 50 unit pemukul api. Selain itu, petugas juga menerima peminjaman alat pompa bantuan BNPB sebanyak 7 unit.

"Lalu juga ada pembagian masker ke masyarakat, pemasangan spanduk imbauan dan lain sebagainya. Hambatan di lapangan yakni kurangnya pompa apung atau pompa tekanan tinggi beserta alat lainnya," tambah Dadek.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...