Kebakaran dan Banjir Terjadi di Aceh Tenggara, Puting Beliung Terjadi di Aceh Utara

Rumah rusak akibat puting beliung

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Tiga unit rumah milik warga yang sudah lanjut usia (lansia) terbakar di kawasan Gampong Darul Aman, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Aceh Tenggara, Senin (10/6/2019) tadi malam sekira pukul 22.50 WIB.

Meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dua rumah yang terbakar mengalami rusak berat sementara satu rumah lainnya mengalami rusak ringan.

Kepala BPBA, Ahmad Dadek mengatakan, ketiga rumah ini milik warga bernama Sarinudah (75), Saleha (60) serta Mikin (75). Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini dan masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib.

"Saat ini korban mengungsi di rumah kerabat. Lima unit armada damkar milik BPBD Aceh Tenggara dikerahkan untuk memadamkan api," ujarnya Selasa (11/6/2019).

*Banjir di Aceh Tenggara

Sementara itu, bencana banjir juga terjadi di Aceh Tenggara tepatnya di Gampong Kuta Lesung, Kecamatan Lawe Sumur dan Gampong Bambel Gabungan, Kecamatan Bambel. Banjir terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah itu sejak beberapa hari lalu.

"Akibatnya air Sungai Bulan dan Sungai Lawe Kinga meluap sehingga menyebabkan banjir di kedua gampong," kata Dadek.

Hingga kini, pihak terkait masih melakukan pendataan terhadap jumlah bangunan, korban atau yang lainnya di lokasi kejadian. Meski banjir berangsur surut, namun keadaan cuaca di Aceh Tenggara masih mendung.

*Angin Puting Beliung di Aceh Utara

Bergeser ke Aceh Utara, bencana angin puting beliung terjadi di empat kecamatan di Aceh Utara yakni Baktiya Barat, Simpang Keuramat, Tanah Jambo Aye dan Seuneudon, Senin (10/6/2019) kemarin. Sekitar sepuluh gampong pun berdampak atas bencana ini.

"Di Kecamatan Seunedon, lokasinya di Gampong Matang Anoe, Cot Kafiraton dan Matang Jeuleukat. Di Kecamatan Baktiya Barat lokasinya di Gampong Cot Payah dan Cot Buket. Kemudian di Kecamatan Simpang Keuramat lokasinya di Gampong Alue Badee dan Keudee Simpang serta Kecamatan Tanah Jambo Aye lokasinya di Gampong Matang Jurong," jelasnya.

Akibatnya, sejumlah bangunan milik masyarakat mengalami kerusakan ringan hingga berat. Dimana, tujuh rumah warga mengalami rusak berat dan ringan, satu kantor desa mengalami rusak ringan dan 8 unit toko mengalami rusak ringan.

"Korban terdampak sebanyak 25 Jiwa, KK dan masih dalam pendataan, tidak ada korban jiwa. Saat ini BPBD Aceh Utara juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan masa darurat, selain itu juga membantu membersihkan puing-puing akibat puting beliung," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...