Bobol Jeruji Lapas, Empat Napi Kabur di Bener Meriah Dua Masih Buron

jeruji Lapas Klas II B Bener Meriah dipotong

BENER MERIAH, ACEHPORTAL.COM - Sejumlah narapidana kabur setelah membobol jeruji Lapas Klas II B Bener Meriah, Selasa (14/5/2019) siang kemarin. Awalnya ada empat orang napi yang melarikan diri, namun dua diantaranya telah kembali ditangkap dan sisanya masih dalam pengejaran.

Diketahui, empat napi yang kabur sekira pukul 11.00 WIB itu berada di kamar tahanan nomor 18 lapas setempat. Seorang napi yang pertama kali tertangkap yakni Halida Gayo alias Urok (45) yang merupakan napi kasus narkoba.

Kapolres Bener Meriah, AKBP Fahmi Irwan Ramli melalui Kasat Reskrim, Iptu Wijaya Yudi mengatakan, selain Halida, tiga napi lainnya yang kabur adalah Suryadi alias Item (40) yang merupakan napi kasus perampasan (Perlindungan Anak) dan Abdul Hafid (35) yang merupakan napi kasus narkoba.

"Satu orang lainnya yakni Syaifudin (36) yang merupakan napi kasus narkoba, namun ia sudah tertangkap sekira pukul 22.00 Selasa kemarin," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari hasil interogasi yang dilakukan terhadap napi bernama Halida, diketahui ketiga napi yang kabur memotong jeruji besi ventilasi di kamar mandi kamar tahanan mereka. Ventilasi itu dipotong menggunakan gergaji besi selama 7 hari.

"Gergaji besi ini diperoleh dari Syaifudin, ia mencuri gergaji besi ini saat pekerja sedang memperbaiki lapas beberapa waktu lalu," katanya.

Diketahui, keempat napi yang kabur itu kemudian memantau pagar pembatas lapas setelah berhasil keluar dari kamar tahanan. Pagar pembatas itu dipanjat menggunakan jaring (net) voli yang sebelumnya telah disiapkan oleh Halida.

"Satu per satu napi itu pun memanjat dan melompat keluar lapas. Namun, saat Halida hendak memanjat, salah satu petugas memergoki dan langsung menangkapnya sementara yang lain melarikan diri," jelasnya.

*Syaifudin Ditangkap di Jalan Bandara Rembele

Sementara itu, salah seorang napi yang kabur yakni Syaifudin yang merupakan napi kasus narkoba ditangkap saat tengah berjalan di kawasan Jalan Bandara Rembele, Bener Meriah, Selasa (14/5/2019) malam sekira pukul 22.00 WIB.

Saat ditangkap, warga asal Kecamatan Sawang, Aceh Utara itu dalam kondisi kelelahan setelah kabur dari lapas. "Ia pun langsung kita bawa kembali dan diamankan kembali ke Lapas," kata Kasat Reskrim.

Sebelumnya, kata Wijaya, petugas pun sempat membawa Syaifudin ke Rumah Sakit Umum Muyang Kute Bener Meriah untuk diperiksakan kesehatannya.

Saat ini polisi masih terus memburu dua orang napi lainnya yakni Suryadi dan Abdul Hafid yang merupakan napi kasus perampasan dan narkoba. "Mereka masih terus kita kejar dan kasus ini masih ditangani," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...