Danramil 18/Ingin Jaya Beri Arahan Kepada Siswa Dikbater TA 2019

Aceh Besar – Komandan Koramil 18/Ingin Jaya Kapten Inf Sumastono memberikan arahan kepada Siswa Kursus Bintara Teritorial (Susbater) dari Resimen Induk  Kodam Iskandar Muda (Rindam IM), Kamis (09/05/19).

Dalam arahannya Danramil 18/Ingin Jaya menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab sebagai Aparat Teritorial atau lebih dikenal dengan sebutan Babinsa dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan desa.

“Menjadi seorang Babinsa bukanlah hal yang mudah, karena mereka harus paham dan benar-benar menguasai desa binaan diantaranya meliputi Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial masyarakat binaan,” ujarnya.

Lanjutnya, salah satu caranya yang dilaksanakan oleh Babinsa yaitu dengan cara Komunikasi Sosial (Komsos), dimana seorang Babinsa harus dapat berinteraksi dengan seluruh lapisan masyarakat desa binaan.

“Karena dengan Komsos Babinsa dapat menyerap aspirasi dan menggali potensi wilayah dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan yang kuat guna mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada Siswa Susbater tentang teori yang telah dipelajarinya dari para Guru Militer (Gumil) selama berada di Rindam IM tersebut.

“Ini merupakan hal yang positif dan diharapkan dapat dijadikan bekal disatuannya masing-masing,” pungkasnya.

Komentar

Loading...