Kadisdik Aceh; UNBK SMP/MTs Hari Pertama Berjalan Lancar

pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMP/MTs dan SMPLB

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Syaridin menyebutkan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMP/MTs dan SMPLB dihari pertama berjalan lancar.

UNBK yang dilaksanakan pada Senin (22/4/2019) diikuti 87.126 siswa berlangsung selama empat hari, tersebar di 1.521 sekolah pelaksana yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

"Pelaksanaan UNBK lancar, meski ada sedikit ada gangguan pada jaringan internet. Peserta tidak perlu khawatir. Satu jam terjadi gangguan, maka waktu ujian ditambah satu jam lagi," kata Syaridin.

Ia juga menyebutkan selain itu, UNBK juga dilakukan di sekolah khusus seperti SMP Luar Biasa yang diikuti 187 peserta dengan 34 SMPLB penyelenggara.

"Siswa SMPLB yang mengikuti UNBK hanya sebagian, bagi peserta tunanetra ujiannya menggunakan kertas huruf braille, sedangkan lainnya tergantung dengan kondisi peserta ujian," jelasnya.

Selain itu, Ujian Nasional untuk peserta didik paket B berjumlah 2.798 orang, pelaksanaannya di 146 titik yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

"Khusus UNBK paket B ini untuk mereka yang putus sekolah tingkat pertama. Seluruh pelaksanaan UNBK SMP sederajat ini dilaksanakan dalam tiga sesi menginggat jumlah fasilitas komputer belum cukup," kata Syaridin.

Pemantauan UNBK dihari pertama di SMP 1 Banda Aceh, SMP 17 dan MTs Negeri 2 Banda Aceh juga dihadiri Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin, Ketua UN, Zulkifli.

Penulis:rol
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...