Calo PNS Berkeliaran di Banda Aceh Polisi Kembali Tangkap Seorang PNS

EY (48), PNS yang merupakan warga Gampong Lampeuneurut Ujong Blang, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Pihak kepolisian kembali menangkap seorang PNS di salah satu instansi pemerintahan di kota Banda Aceh. Tersangka ditangkap karena penipuan yang dilakukan dengan menjadi calo PNS. Korban pun dirugikan hingga puluhan juta rupiah.

Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, tersangka berinisial EY (48), PNS yang merupakan warga Gampong Lampeuneurut Ujong Blang, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh.

Sementara, korbannya merupakan seorang dokter bernama Fakhrul Rizal (49) yang tinggal di Komplek RSUDZA Banda Aceh, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

"Penangkapan dilakukan kemarin atas laporan korban yang dibuat pada 15 Februari lalu di Polresta Banda Aceh. Pelaku melakukan penipuan bermodus menawarkan masuk PNS dengan uang pelicin dan akan dikembalikan bila tidak lulus," ujarnya Selasa (2/4/2019).

Direktur menjelaskan, kejadian ini berawal saat keduanya bertemu di salah satu warung kopi yang ada di kawasan Lueng Bata pada Oktober 2018 lalu. Saat itu, pelaku menjadi calo dan menawarkan keponakan korban untuk menjadi PNS di Kemenkumham tahun 2018.

"Setelah meyakinkan korbannya, pelaku meminta uang pelicin senilai Rp 55 juta, uang itu pun diserahkan dengan bukti selembar kwitansi. Pelaku juga berjanji akan mengembalikan uang tersebut jika keponakan korban yang diurus tidak lulus PNS," ungkapnya.

Diketahui, pelaku sejak saat itu tak pernah mengurus apa yang telah dijanjikan. Bahkan, uang yang telah diberikan itu pun tak pernah dikembalikan kepada korban sehingga atas dasar itulah korban langsung membuat laporan ke Polresta Banda Aceh.

"Hingga kini pelaku masih diproses lebih lanjut, ia diduga melanggar Pasal 378 jo Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan," tambah Kombes Pol Agus Sarjito.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...