420 Calon Mahasiswa STAIN Lulus SPAN

STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr Inayatillah, M.Ag

MEULABOH, ACEHPORTAL.COM - Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) telah diumumkan. Pada jalur pertama penerimaan mahasiswa baru ini, 420 calon mahasiswa baru dinyatakan lulus pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh.

Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, selaku Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Drs. M Arif Idris, MA mengatakan, kelulusan SPAN-PTKIN diumumkan secara nasional kemarin. Tahun ini, peminat STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melalui jalur SPAN-PTKIN mencapai 1.136 orang.

“Jumlah yang mendaftar melebihi target, namun kuota SPAN-PTKIN STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh tahun ini hanya 420 orang, itu sudah ketentuan nasional,” ujar M. Arif Idris, Selasa 2 April 2019.

M. Arif menjelaskan, Keseluruhan calon mahasiswa yang lulus tersebar pada 11 program studi yang ada, yaitu Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) 60 orang, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 30 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) 60 orang.

Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 30 orang, Hukum Ekonomi Syariah (HES) 60 orang, Hukum Pidana Islam (HPI) 30 orang. Perbankan Syariah (PSY) 75 orang. Hukum Tata Negara (HTN) 15 orang, Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) 30 orang, Ilmu Al-quran dan Tafsir (IAT) 15 orang, dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) 15 orang.

Bagi calon mahasiswa yang lulus, diwajibkan untuk melalukan pendaftaran ulang pada tanggal 6-10 Mei 2019 di Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Calon mahasiswa juga dapat mengunjungi https://staindirundeng.ac.id/pmb untuk mengecek info seputar penerimaan mahasiswa baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Arif menyampaikan, bagi calon mahasiswa yang belum lulus di jalur SPATN-PTKIN masih dapat mengikuti seleksi jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) dan Jalur Mandiri.

Pendaftaran jalur UMPTKIN akan dibuka 2-30 April 2019 secara nasional. Sedangkan pendaftaran jalur Mandiri, dibuka pada 29 Mei sampai dengan 15 Juli mendatang akan dilaksanakan secara lokal.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr Inayatillah, M.Ag berharap, calon mahasiswa yang lulus melalui jalur SPAN memiliki minat belajar dan keinginan pengembangan diri yang tinggi.

Inayatillah berharap, jumlah mahasiswa yang lulus UM-PTKIN dan Mandiri juga bisa memenuhi kuota.

“Saya berharap, peningkatan jumlah calon mahasiswa akan dapat mendorong peningkatan kualitas STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, baik di bidang sarana dan prasarana, maupun dari sisi layanan yg diberikan,” ungkapnya.

Inayatillah menekankan, saat ini STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh terus berbenah agar bisa menjadi destinasi utama mahasiswa, khususnya yang berdomisili di wilayah Barat Selatan Provinsi Aceh.

Penulis:Rol/rilis
Rubrik:News

Komentar

Loading...