Tim Penilaian Lomba Binter Kunjungi Kodim 0101/BS

Banda Aceh, acehportal.com  – Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) mengunjungi Kodim 0101/BS, berlokasi di Jalan S.T.A Mahmudsyah nomor 32, Gampong Baro Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Senin (1/4/19).

Kedatangan Tim Penilai Lomba Binter tersebut diketuai Kolonel Inf Awal Nur dengan didampingi 2 orang Perwira Menengah (Pamen) dari Pusat Teritorial Angkatan Darad (Pusterad) disambut langsung Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis, S.I.P, beserta Asisten Teritorial (Aster) Kasdam IM Kolonel Inf Mahesa Fitriadi, S.AP dan rombongan dari Forkopimda Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Kolonel Inf Awal Nur selaku Ketua Tim penilaian menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut yaitu untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan Binter yang dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya di Kodim 0101/BS.

“Bagaimana implemantasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan oleh Kodim, disitu nanti kita nilai sampai sejauh mana persentasi yang dilakukannya selama bertugas,” terangnya.

Kegiatan ini juga untuk menciptakan suatu ketahanan kepada rakyat, melalui program-program yang dilaksanakan bekerjasama dengan Forkopimda dan tokoh masyarakat di wilayahnya, sehingga nanti dapat menciptakan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Dari situ kita bisa menilai bagaimana jalinan kerjasama dengan Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di wilayahnya,” ujar Kolonel Inf Awal Nur.

Dirinya juga menyampaikan, ada perbedaan penilaian terhadap pelaksanaan Binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu menggunakan klasifikasi Utama, Madya dan Pratama. Sedangkan tahun ini penilaian terbagi menjadi 4 type klasifikasi Kodim yaitu A, B, C dan D.

“Untuk klasifikasi Kodim Type A merupakan Kodim yang berada di wilayah Ibu Kota nya Provinsi seperti Kodim Depok, Kodim Bogor, Kodim Tangerang dan Kodim Serang Banten,” paparnya.

Sedangkan klasifikasi Kodim Type B itu berada di daerah Perkotaan dan Kabupaten, sementara untuk Kodim yang berada di pulau terluar dan daerah rawan termasuk ke dalam kategori Type C dan D.

“Tujuan dibuat klasifikasi 4 type tersebut agar dalam penilaian setiap satuan yang dilombakan sama kekuatan dan kemampuannya, karena jika diadu dengan klasifikasi berbeda maka sudah pasti klasifikasi wilayah Kota yang menang,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kadispora Aceh Besar Ridwan Jamil S.Sos, Kepala BPBD Aceh Besar Farhan, Ketua HIPAKAD Provinsi Aceh, Ketua FKPPI Kota Banda Aceh, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII Kodim 0101/BS, Perwira dan anggota Kodim 0101/BS, serta berbagai Komunitas dari wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Komentar

Loading...