Khanduri Laot Festival 2019 Resmi Dibuka di Sabang

Khanduri laot

SABANG, ACEHPORTAL.COM - Salah satu kegiatan dalam Calender of Event Aceh 2019 yakni Khanduri Laot Festival 2019 resmi dibuka di kawasan Dermaga CT3, Sabang, Sabtu (30/2/2019). Kegiatan ini diawali dengan lantunan salawat serta pembacaan ayat suci Alquran.

Dalam kegiatan tersebut, hadir perwakilan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) yakni Staf Khusus Tim Percepatan Calender of Event Kemenpar RI, Tazbir Abdullah beserta rombongan.

Selain itu, turut hadir sejumlah tamu undangan dari Kemenkumham, para SKPA, SKPK Sabang dan lainnya serta hadir hampir seribuan masyarakat dari seluruh gampong yang ada dalam dua kecamatan di kota Sabang.

Khanduri Kaot (Kenduri Laut) ini juga dilakukan di berbagai daerah lainnya, khususnya daerah pesisir di Aceh. Namun, pihak Pemerintah Kota Sabang menjadikan kegiatan itu sebagai even. Bahkan, ini even yang kedua dilakukan setelah sebelumnya sempat terselenggara tahun lalu.

Menjelang pembukaan resmi yang dilakukan oleh perwakilan Kemenpar RI, juga ditampilkan atraksi Dike (Zikir) oleh 200 orang peserta yang berasal dari Laskar Ababil Blang Bladeh, Meukek, Aceh Selatan.

Serangkaian kegiatan lainnya menjelang peresmian juga dilakukan santunan kepada anak yatim sebanyak 200 orang secara simbolis serta kata sambutan dari pejabat terkait dan diakhiri dengan doa bersama.

Pantauan di lokasi, sekitar seribuan orang hadir dalam pembukaan Khanduri Laot Festival 2019 ini. Bahkan, terlihat sejumlah wisatawan mancanegara yang turut hadir dalam kegiatan itu untuk menyaksikan even Khanduri Laot Festival 2019.

Penyelenggara berharap agar kegiatan bernama Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir Khanduri Laot Festival 2019 Dari Sabang Untuk Indonesia ini nantinya menjadi agenda setiap tahun.

Even Khanduri Laot Festival 2019 ini juga dilakukan kegiatan menarik lainnya seperti lomba memasak Kuah Beulangong, lomba Boat Hias, pameran dari setiap gampong yang ada di kota Sabang, kenduri bersama dan lainnya.

Peresmian ini ditandai dengan penabuhan rapai secara bersama-sama oleh Wali Kota, Staf Khusus Kemenpar RI dan sejumlah pihak terkait lainnya termasuk mantan Pangdam IM Aceh, Mayjen TNI Afilfuddin yang hadir sebagai tamu undangan dalam kegiatan itu.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Pariwisata

Komentar

Loading...