Ratusan Guru SD dan SMP Bersaing di OGN Tingkat Provinsi Aceh

Sebanyak 131 finalis yang merupakan guru jenjang SD dan SMP mengikuti Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat Provinsi Aceh tahun 2019

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sebanyak 131 finalis yang merupakan guru jenjang SD dan SMP mengikuti Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat Provinsi Aceh tahun 2019.

Kegiatan ini berlangsung sejak 28 hingga 30 Maret 2019 di Banda Aceh. Para guru ini akan bersaing dengan menjawab soal yang telah disiapkan Kemdikbud dalam bentuk daring secara nasional.

Disela-sela pembukaan OGN, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin menyebutkan pelaksanaan OGN tahun ini, para finalis diminta  menulis artikel ilmiah sebagai bagian upaya menumbuhkan budaya menulis para guru, sekaligus mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang telah diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Selain rangkaian tes tersebut, para finalis juga mendapatkan materi penguatan kompetensi guru yang disampaikan oleh para pemateri lokal dan nasional" kata Kadisdik Aceh Syaridin, Kamis (28/3/2019).

Ia menambahkan pihaknya juga akan memantau kualitas tenaga pengajar melalui kegiatan ini, sehingga kedepan akan menjadi masukan bagi pihaknya dalam melatih dan membina guru agar lebih baik lagi.

"Dengan adanya perlombaan ini maka kita bisa melihat guru-guru mata pelajaran dari sekolah dan daerah mana yang terbagus dan keluar sebagai juara," sebut Syaridin.

OGN Dikdas 2019 ini,  menurutnya, sebagai ajang bagi guru SD dan SMP untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, kinerja dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya. Kegiatan berskala nasional ini dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota,  provinsi, hingga nasional.

Ketua panitia OGN Provinsi Aceh, Rahadian, menjelaskan adapun peserta yang mengikuti OGN, adalah peringkat terbaik hasil seleksi tertulis/bentuk lainnya yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota, atau peringkat teratas hasil seleksi administratif melalui website http://www.kesharlindungkbdikdasdikdas.id yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.

"Tujuan dilaksanakan OGN ini untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru, meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi dan profesionalisme guru di Aceh," katanya.

Ia juga menjelaskan pada pelaksanaan OGN tahun ini para finalis OGN Dikdas terbagi dalam 7 kategori yang terdiri atas jenjang SD yaitu 15 finalis bidang studi matematika dan 19 finalis bidang studi tematik.

Sedangkan jenjang SMP yaitu 20 finalis bidang studi matematika, 19 finalis bidang studi Bahasa Inggris, 20 finalis bidang studi Bahasa Indonesia, 18 finalis bidang studi IPS dan 20 finalis bidang studi IPA. Para peserta yang terlibat dalam OGN Dikdas 2019 berasal dari 23 Kabupaten/Kota se Aceh.

Pembukaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat Provinsi Aceh tahun 2019 juga dihadiri Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli.

Penulis:Redaksi
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...