2019, Aceh Menuju 100 Persen Ratio Elektrifikasi

PLN Aceh salurkan bantuan fasilitas air bersih untuk Kabupaten Simeulu, sekaligus Peresmian PLTD Pulau Teupah dan di Pulau Siumat kabupaten Simeulue

SIMEULUE, ACEHPORTAL.COM - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh bertekad memenuhi kebutuhan listrik secara merata bagi masyarakat di seluruh Aceh. Pada tahun 2019, jumlah masyarakat Aceh yang teraliri listrik atau rasio elektrifikasi akan mencapai angka 100 persen.

Hal tersebut disampaikan General Manager (GM) PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi disela-sela peresmian Listrik Desa dan PLTD Pulau Teupah serta di Pulau Siumat Kabupaten Simeulue, pada Selasa (5/3/2019).

"Dengan telah dibangun listrik pedesaan di Simeulue, maka tahun ini Provinsi Aceh menuju 100 persen ratio elektrifikasi," kata Jefri.

Jefri juga mengatakan bahwa program pembangunan kapasitas 2 unit mesin di pulau Teupah dengan kapasitas 110-60 Kilo Watt (KW) dan jaringan SUTR sepanjang 5,5 kms, serta 2 unit 110, 60 KW dengan pembangunan jaringan SUTR sepanjang 1,7 Kms bertujuan untuk meningkatkan ratio elektrifikasi.

"Dengan adanya pembangunan kelistrikan di dua pulau ini, tentu akan memberi harapan bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian di sektor nelayan. Kami menyadari kehadiran listrik sudah lama di nanti-nantikan dan kini telah terpenuhi," ujar Jefri.

Ia juga menyebutkan banyak kendala dalam menyelesaikan pembangunan kelistrikan di Simeulue terutama mendatangkan tiang-tiang dan mesin ke daerah kepulauan yang perbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

"Dengan kerja keras dan kekompakan, tim dapat menyelesaikan proses pembangunan kelistrikan di Simeulue, ini patut kita syukuri," kata Jefri.

Dengan adanya listrik di dua pulau tersebut, lanjut Jefri dapat bermanfaat untuk keterbukaan dan kemudahan masyarakat mendapatkan informasi dari luar.

"Kita berharap masyarakat sekitar dapat merawat dengan baik jaringan listrik yang telah di bangun ini," harap Jefri.

Sementara Bupati Simeulue, Erli Hasyim menyambut baik kehadiran listrik pedesaan yang telah di bangun oleh pihak PLN, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan listrik yang telah lama dinanti-nanti.

"Saya berpesan kepada masyarakat agar jaringan yang telah dibangun bisa dipelihara sebaik-baiknya," kata Erli.

Dengan sudah dibangun PLTD dan jaringan listrik disini, lanjut Erly, berbagai fasilitas penunjang yang dibutuhkan oleh masyarakat sudah dapat terpenuhi dengan baik, seperti hasil tangkapan ikan maupun hasil bumi lainnya yang ada di pulau Teupah maupun pulau Siumat.

Peresmian PLTD Pulau Teupah dan di Pulau Siumat kabupaten Simeulue ini juga dihadiri Senior Manager Distribusi Didik Wicaksono, Senior Manager Perencanaan, Jaka Sumantri, Senior Manager Keuangan Devariza, Manager UP3 Melabou dan ULP Sinabang, serta Forkopimda Kabupaten Simeulue.

Dalam kesempatan itu,GM PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi juga menyerahkan bantuan sarana fasilitas air bersih untuk masyarakat Pulau Teupah, Simeulue.

Penulis:redaksi
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...