TNI, Veteran dan FKPPI Terima Sosialisasi Netralitas TNI

Takengon - Ratusan Personil TNI, Veteran dan FKPPI penuhi Aula Persit Makodim 0106/Ateng yang bertempat di Jln. Lut Tawar Kp. Bale Atu Kec. Lut Tawar Kab. Aceh Tengah, Senin ( 04/03/2019 ).

Hal ini dalam rangka menerima sosialisasi program bidang teritorial tentang Pembinaan Netralitas TNI dari Dandim Ateng-BM Letkol Inf Hendry Widodo diwakili Pabung Mayor Kav Ridwan Sulaiman.

Tema dalam kegiatan tersebut adalah " Melalui Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pileg/Pilpres, Kita Wujudkan Profesionalisme TNI Dengan Bersikap Netral Dalam Penyelenggaraan Pemilu, Baik Pileg Atau Pilpres dan Senantiasa Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu Yang Luber dan Jujur Di Seluruh Wilayah NKRI ".

Dalam Sosialisasinya Pabung Bener Meriah yang sekaligus sebagai pemateri Peran dan Tugas TNI mengatakan, TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara, Tugas Pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Usai sosialisasi dari Pabung dilanjutkan oleh Danramil Silih Nara Kapten Inf Iwan Mulyawan dengan materi Pedoman Netralitas TNI, bahwa TNI tidak boleh menjadi anggota KPU, Panwaslu, PPK, PPS, KPPS, Pantarlih, TNI tidak boleh ikut campur dalam menentukan dan menetapkan peserta Pemilu, TNI tidak boleh sebagai peserta dan juru kampanye, TNI tidak boleh menjadi tim sukses Kandidat serta TNI tidak boleh memobilisasi semua organisasi sosial, keagamaan dan ekonomi untuk kepentingan Partai Politik dan Kandidat tertentu.

Komentar

Loading...