Tiket Mahal Penumpang Domestik di Bandara SIM Menurun Sejak Januari

GM PT Angkasa Pura II Yos Suwagiyono bersama Kadisbudpar Aceh Jamaluddin

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - GM PT Angkasa Pura II, Yos Suwagiyono mengungkapkan, sejak Januari lalu penumpang penerbangan domestik (dalam negeri) di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar menurun 15 hingga 20 persen.

Ini terjadi dikarenakan harga tiket yang mahal sejak beberapa waktu lalu. Hal ini dikatakannya saat diwawancarai usai peluncuran kalender even Aceh tahun 2019 di Disbudpar Aceh.

"Di sisi lain memang Januari hingga Maret setiap tahun penumpang menurun. Selain karena harga tiket, ini juga karena belum berjalannya APBN atau belanja daerah sehingga peredaran uang terbatas," ujarnya.

Yos menjelaskan, biasanya saat dalam kondisi normal, penumpang pesawat mencapai hingga 3.500 orang per harinya baik dari keberangkatan maupun kedatangan. Namun sekarang hanya 2.500 orang setiap harinya baik dari keberangkatan atau pun kedatangan.

"Dari trafiknya banyak penumpang yang ke Malaysia, ini karena Maskapai Air Asia sudah terbang 3 kali dalam sehari bahkan ada yang ke Penang setiap harinya. Dari ketiga penerbangan itu semuanya antara 20 hingga 40 persen dan sisanya penerbangan domestik," ungkap Yos.

Penurunan pengiriman kargo juga dialami hingga 15 persen karena kebijakan maskapai penerbangan terhadap biaya pengiriman kargo. "Jadi sangat berpengaruh karena membebani pelaku usaha daerah," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...