Haba PLN

Listrik “Byar Pet”, PLN UP3 Banda Aceh Klaim Gangguan Jaringan

melakukan pemeliharaan jaringan

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM  - Menanggapi tanggapan keluhan listrik hidup mati (Byar Pet) pada 7 Februari 2019, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banda Aceh mengklaim karena adanya gangguan jaringan dan bukan disebabkan oleh masalah mesin pembangkit.

Manager PLN UP3 Banda Aceh, Wahyu Ahadi menyebutkan gangguan tersebut terjadi di akibat adanya tower radio gardu yang tumbang sehingga mengenai Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), serta adanya gangguan optic kabel gardu yang terbakar dan gangguan di tiang portal dekat gardu hubung.up3

"Gangguan di tiga lokasi ini bisa saja terjadi karena faktor alam dan bukan gangguan disengaja," katanya Selasa (12/2).

Gangguan ini, kata Wahyu tidak berlangsung lama hanya sekitar 30 menit semua sudah teratasi setelah tim teknis melakukan perbaikan di tiga lokasi berbeda.

"Jika ada yang bilang sampai seminggu mengalami "byar pet" itu tidak benar. Kita juga telah melakukan sekuat tenaga untuk melakukan perbaikan, hanya dalam 30 menit kondisi kelistrikan sudah stabil saat itu juga," ujarnya.

Pasca kejadian gangguan tersebut, lanjut Wahyu pihaknya terus melakukan pemeliharaan jaringan untuk memelihara kontruksi jaringan SUTM serta melakukan pemangkasan pohon yang mengenai tiang listrik untuk meningkatkan pelayanan pelanggan.

"Pemeliharaan jaringan ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ada jaringan yang rusak atau tidak sehingga perlu di lakukan perbaikan dan tidak menganggu suplai listrik kedepan," ungkap Wahyu

Penulis:redaksi
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...