Diguyur Hujan Lebat Kebakaran Lahan di Aceh Barat Sudah Padam

BpbdLahan yangcterbakar di Aceh Barat sudah padam

ACEH BARAT, ACEHPORTAL.COM - Kebakaran lahan di 3 (tiga) titik pada satu kecamatan Johan Pahlawan Meulaboh Aceh Barat yang terjadi sejak tanggal 29 Januari 2019 pukul 15:00 WIB sudah padam hari ini tanggal 31 Januari 2019 pukul 09:00 WIB seiring dengan turunnya hujan.

Kepala Pelasana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), H. T. Ahmad dadek,SH menjelaskan lokasi Karhutla yang telah padam itu adalah Kecamatan Johan Pahlawan Gampong Lapang, tepatnya di Jalan Ujong Beurasok dengan titik koordinat N. 4.12'4" , E. 96.6'29"2 , Gampong Leuhan, tepatnya di Jalan Putroe Ijoe dengan titik koordinat N. 4.12'37" , E. 96.6'46"3 dan Gampong Suak Raya, tepatnya di Jalan Ujung Beurasok. sedangkan Sekretaris BPBD Aceh Barat, Dermawan mengatakan bahwa api masuk dalam tahap pendingin hujan yang turun tadi lumayan lebat.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, namun informasi diterima di Posko BPBD yang disampaikan oleh masyarakat pada Selasa 29 Januari 2019 pukul 15:00 WIB, bahwa api terlihat sudah dalam keadaan membesar dan membakar lahan gambut. Dampak Material Gampong Lapang, dengan luas lahan yang terbakar mencapai 4 Ha2. Gampong Leuhan, dengan luas lahan yang terbakar mencapai 1 Ha3. Gampong Suak Raya, dengan luas lahan yang terbakar mencapai 3 Ha. Tidak ada korban jiwa, korban terdampak ataupun mengungsi dalam kejadian ini" jelas Dadek.

Team gabungan sedang melakukan upaya pemadaman dari pukul 06:00 WIB sampai saat ini.Bupati Aceh Barat, Danrem, Kasrem, Kapolres saat ini masih dilokasi karhutla, Kabid Kedaruratan dan Logistik, Kabid Rehab Rekon, Sekretaris BPBD, Kasi Kedaruratan, Kasi Logistik, Dan Kasi Kesiap Siagaan Terjun Ke lapangan secara langsung memimpin upaya pemadaman. BPBD Aceh Barat mengerahkan 5 Unit Armada Damkar 03, 05, 06, 08, 09, berserta Psrsonil untuk melakukan Upaya Pemadaman, dibantu oleh Kodim 0105 Abar, Anggota Polsek Jp, Koramil Jp, Polres, Batalion 116 Kompi. C. Lapang, Rapi Zwe, Polhut, Dan UKM Pk Universitas Teuku Umar.5. Unit Damkar terus di siagakan di pos yg terdekat dengan lokasi karhutla.

Sarana dan Prasarana yang digunakan oleh berupa 5 (lima) unit armada DAMKAR (03,05,06,07,08, dan 09, milik BPBD Aceh Barat- 4 (empat) unit mesin Alcon, milik BPBD Aceh Barat- 30 (tigapuluh) batang Selang, milik BPBD Aceh Barat- 1 (satu) unit Mobil Patroli dari POLRES Aceh Barat- 2 (dua) unit Mobil Patroli dari KODIM- 1 (satu) unit Pick-up milik BPBD Aceh Barat- 4 (empat) unit Mobil Reo Batalion 116 Kompi C Lapang- 2 (dua) Tangki Penampungan Air.

Unsur unsur yang terlibat dalam penanganan meliputi BPBD Aceh barat, Polres Aceh Barat,Korem 012 TU4. Kodim 0105 Aceh Barat, Polsek JP6. Koramil JP7. RAPI ZWE ( Radio Antar Penduduk Indonesia ), Polhut, Batalion 116 Kompi C. Lapang, Ukm Utu dan Dinas Kehutanan Provinsi Aceh.

Kondisi terakhir dikabarkan dari Pusdalops BPBD Aceh Barat bahwa Titik api di 3 Gampong sudah mengecil, team gabungan untuk saat ini sedang berupaya untuk memadamkan titik api seluruhnya. Hujan mulai pukul 09:15 WIB mengguyur lokasi Karhutla +- selama 45 menit dan membantu proses pemdama api. Diinformasikan juga kabut asap pernah terlihat dibeberapa titik di sekitar kota Meulaboh tapi kabut berangsur hilang karena hujan.

Penulis:rol/rilis
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...